Suzuki Ertiga Penantang Sejati Xenia Avanza??


samping

samping

tampak belakang

tampak belakang

Bosen banyak yang ngebahas Mobnas EsEmKa, sekarang mending beralih ke penampakan suzuki ertiga. Untuk exterior, tampangnya terlihat bagus menurut saya, depan, belakang, samping cocok sebagai MPV pesaing avanza. Dilihat dr depan gen headlamp meruncing seperti splash, tampak samping sperti gran livinanya nissan, dan belakang seperti buritan sx4. Kombinasi yang pas, ga berlebihan make up seperti new avanza xenia. Balik soal exterior, sebagaimana ciri khas suzuki yang sangat konservatif dan manis dalam pembuatan model baru, ertiga juga demikian, tak ada tampang yang radikal di bodynya.

Sekarang interior, setir terihat mungil dengan kontrol audio stir, seperti di sx4, jok 3 baris yang mungkin setara isinya grand livina. Warna krem menjadikannya terlihat luas dan elegan. Satu kata dari saya, pas!! Sebagai mpv entry level yang ga terlalu memanjakan kemewahan tapi lebih ke fungsi.

Beralih ke mesin, menurut bocoran beberapa media besar kemungkinan ertiga pake mesin 1500cc seperti kepunyaan SX4, karena dengan tampilan seperti ini menurut saya akan dipasangkan dengan gerak roda depan. Ya gerak roda depan, kombinasinya sangat mendekati grand livina memang, tapi ini versi sedikit lebih murah. Ground clearance juga ga setinggi avanza.

Analisa pasar, selama ini suzuki mengandalkan APV untuk mengikuti pasarnya avanza dan xenia yang menjadi raja di kelas entry level mpv, tapi, sepetinya kurang se level menurut saya. Seperti pada jaman kijang vs suzuki carry, walopun sama-sama MPV tapi beda kelas. Nah sekarang dengan ertiga suzuki mencoba mengalihkan perhatian konsumen avanza dengan model yang mendekati dan tampang yang sangat “kota”. Untuk service dan maintenance tentu ga ragu lagi, di banding brand nissan di indonesia, Suzuki masih lebih unggul. Dengan kisaran harga 130juta-160jutaan, sepetinya juga akan menggangu pasar APV nih, apakah APV akan discontinue? Sepertinya tidak, karena perbedaan segmen seperti yang saya sebutkan.

 

About these ads

18 comments on “Suzuki Ertiga Penantang Sejati Xenia Avanza??

    • Nyeleneh karena untuk kondisi indonesia yang banyak bukit FWD banyak yang ragu ya.

      Mengutip dr desainer avanza, memang RWD lah yang cocok untuk MPV di indonesia, makanya sampe sekarang avanza dan innova memakainya.

      Wajar sih, ertiga kan risetnya di india, sedang innova dan avanza emang lahir di sini.

    • Secara garis besar, spek ertiga vs livina mirip, FWD, 7 seater, ground clearance ga terlalu tinggi. Hanya kapasitas mesin aja yang beda ertiga 1,4liter. Ertiga hanya ada transmisi manual!.

      Saran saya, tunggu aja bentar, sampe bisa test drive ertiga, biar bisa membandingkannya fair.

  1. Kabar yang baru saya terima bahwa untuk Suzuki ertiga tidak ada AC double blower nya…walau pun untuk type tertinggi ( GX ).. harga g’ beda jauh dari ANA dan ANX, mereka telah memiliki AC Double Blower… Pikir-pikir lagi

  2. dari sepeda motor hingga mobil, saya selalu pake merk suzuki, saya itu digelari orang suzuki minded, Jimny,Escudo,Xover, Trs,Fr,Sprinter,Shogun ,Shogun 125R,Shogun125 RR, ha ha. Tarikan mantap,sparepart murah,gampang ngrawatnya,harga jual bekas tinggi ,serta modelnya unik dan modis. Pokoknya gaul deh.

  3. tentunya kembali ke user, pinginnya kaya gmana. tapi ingat konsumen indonesia sekarang semakin cerdas, dan melek tehnologi. beli merk mobil apa beli mobil. tentunya beli mobil donk…!! untuk dipakai tentunya..!? klo untuk dipakai ya kudu mikir kenyamanan, dan yang terpenting safetynya. sayang to klo hanya karena brand tapi mengabaikan keselamatan keluarga tercinta. patuh berlalulintas dan safety mobil tentunya bagian dari mengendalikan resiko di jalan. gimana gan…?!! CMIIW..

  4. om swatiastu semeton BALI…….. ngiring sareng sareng numbas SUZUKI ERTIGA….. tiyang nyangra ring: 03613627099 / 085333183000 suksma .. om santhi santhi santhi om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s