[MotorPlus] Bedah Mesin New Mio J


Penasaran dengan isi mesin new mio? Sama dengan saya. Ekespektasi sebelumnya yang hanya ada perubahan kecil di mesin baru mio ini, terbantahkan dengan artikel di MotorPlus hari ini.

Mulai dari Head

Komposisi komponen di head hampir semuanya beda, mulai dari klep mio j pake 26-21, roclker arm ato pelatuk dah pake roller, otomatis desain cam juga beda..:)

Turun Ke Blok Silinder

Blok seher menggunakan Diasil dan piston forged, komposisi yang sama dengan MX, Xeon, dan Vixion. Kemudian perbedaan diameter pin piston!! Mio lama 15mm sedangkan yang baru hanya 13mm, ga papa, pilihan buat bore up 150cc pasti dah ready, bisa ambil punya Sonic hehehehe.

Kemudian, coba lihat jarak lubang untuk baut tusuk satenya, jauh kan? Sepertinya untuk jarak lubang tusuk sate hampir sama dengan mesin mio sebelumnya, mungkin aman sampe di jejalin seher scorpio sekalipun.

Pindah ke CVT

Di bagian CVT perubahannya pada panjang belt, yang lama 798mm sedangkan mio J 711mm. Ini akibat dari berkurang sumbu CVT yang lebih pendek darpada mio lama.

Selain itu, ukuran roller juga lebih ringan 1 gram, yang lama 10.5gr sedangkan mio J 9.5gr. Perbedaan juga pada rasio cvt, mio lama 13/41 sedangkan mio j 15/47. Part CVT lain juga beda kode yang lama 5TL sedangkan mio J 54P.

Saya masih nyari informasi mengenai alat setting CO nya apakah bisa di setting seperti Vixion. Kemudian FIDT nya apakah sama juga ato tidak.

Dari komposisi mesin mio J kemungkinan untuk menaikan power masih terbuka luass, tinggal kesiapan dari penjual part racing aja nih, seperti cam, paket bore up, ECU, big pully, throttle body, injector, sokbreker dll.

Kalo ada rejeki, boleh juga nih Mio J, tapi ambil yang paling murah aja yang velg jari-jari, toh hanya dijadikan riset kecil2an dan mainan temannya si Karisma. Part-part yang pasti di ganti, velg pake 16inch, ban battlax, untuk mesin bore up dah pasti sama main di porting dan noken as paling.

Asik juga… :D

Posted from wordpress for Blackberry

About these ads

27 comments on “[MotorPlus] Bedah Mesin New Mio J

  1. Terserah mau dicemooh kaya apa..silakan…
    Tapi faktanya mio tetep jadi motor tercepat di ajang drang race…. ninja 150 aja gak berkutik lawan mio bore up…cbr 600 aja bungkam je lawan mio bore up…
    Gak ada sejarahnya motor metik honda & suzuki juara di ajang drag race…

    • drag?apa serunya balapan aksel di jalan lurus?itu juga drag 250m, jelas mio bore up diuntungkan…power ninin sm CBR600 belum keluar sdgkn mio bore up udah maksimal, coba deh tu mio bore up lawan ninja 150 atw CBR600 di trek 1/2 mil atau 1 mil skalian….atau kalo brani balapan di SIRKUIT SENTUL 10 lap aja….brani ga?

    • drag race semua anak kecil juga bisa, coba lu turun ke arena road race, belum tentu lu bisa, drag apaan gak ada tantangannya banget, motor”nya juga seperti yang suka ada di auto design contest

  2. kang karis, klo 4klep + roler (mirip punya Jupi mx), selain bore-up kira2 banyak gak ya di perubahan power n akselerasi? bagaimana juga dengan torsi?

  3. aku jga punya Mio J,tapi kok kalo di gas bunyi krokk. itu kira2 apa’a ya..? Soal’a tanya ke BeRes Yamaha kata’a mio j emang begitu,, Apa benar bagitu…????

  4. Helpful info. Lucky me I found your site by chance, and I am stunned
    why this coincidence didn’t came about in advance! I bookmarked it.

  5. wihhh tuh head mio j enak pasti di pake ajang road race + daleman cvt bisa di atur ulang, jika saya punya mio j di rumah uda saya jadiin tuh jadi kelas 130 cc lawan beat raja nya kelas 130 cc , tapi yahh belum kesampean saja beli mio j, saya baru punya mio 2010 sekarang uda masuk road race ke kelas 150 cc, terus mio FFA 250, honda revo absoulute mp4, mp3, honda blade sekarang uda gak kepake di road race, punya kelebihan dari stang seher.

    NO DRAG RACE GAK ADA TANTANGANNYA, SEPERTI KONTES,

  6. manteb jg om pembahasanny.. saya jg ga suka drag race hehe.. tapi kalo matic ccnya 130+ enak buat tarikan awal sama nanjak lebih cepet.. sama ga boyot ke 100kpj.. motor drag race dipake harian? kelaut aja hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s