[Prediksi] Tahun depan, sport makin populer, matik stagnan, bebek makin nyungsep..


Mumpung akhir tahun dan bentar lagi ganti tahun 2013, maen prediksi-prediksian nyookk.. Hanya sekedar penerawangan sederhana dari kacamata awam, kalau mengena silahkan ambil kalau ga berkenan ya jangan dibaca hehehe..

Mari di mulai…

Sport

Kenapa ane prediksikan sport makin populer? Dengan kata lain pasarnya makin naik aja kayanya. Gelagat ini sebenernya sudah tercium di tahun ini, bagaimana tidak segment sport yang sebelum-sebelumnya hanya sebatas pelengkap saja, seketika sudah berubah menjadi primadona baru. Tahun ini saja berbagai jenis isu kemunculan sport terbaru menjadi isu paling hangat di banding kelas lainnya, diawali dengan isu KTM Duke and then Pulsar 200NS, kemudian gosip-gosip vixion, Honda tralis bahkan yang ga di gosip2kan seperti Ninja 250Fi malah meluncur duluan. Menarik untuk di cermati, hal ini sedikit banyak sangat mencolok dibanding tahun2 sebelumnya untuk pasar indonesia. Dengan ini maka bukan tidak mungkin pasar sport tahun depan makin mengilap, calon konsumen yang tadinya naik bebek, ga serta merta terus beli mati aja, tapi juga pengen tunggangan yang naik kelas, jawabannya ya sport ini, pilihannya makin banyak, di mulai dari 20jutaan (low end), 30-60jutaan (middle end) hingga high end, 100juta up. Semuanya tersedia. Memang bukan jadi tunggangan perang a.k.a harian tapi lebih ke symbol prestise dan symbol kemapanan. Ada yang setuju dengan ini?

Matik

Loh kenapa malah matik ane prediksikan stagnan, pasarnya dah mulai jenuh nih kalau menurut ane. Sebagai tunggangan perang harian, motor metik emang rajanya lah, terutama perkotaan, yang notabene adalah pasar terbesar untuk konsumsi kendaraan bermotor. Paling konsumen yang akan membeli hanya sekedar pengen ganti model yang sebenernya ga penting-penting amat untuk sebuah kendaraan perang yang lebih memengtingkan fungsi. Bagasi besar, irit, lincah, dan bla bla bla, itu yang lebih penting di banding model futuristik, mesin kencang dll. Selain itu, calon pembeli matik baru hanya sisa2 dari yang sebelumnya pengguna bebek, yang jumlahnya mungkin sudah terjun bebas dibanding dulu. Berdasarkan pemikiran itulah ane prediksikan matik akan lebih stagnan dibanding tahun-tahun sbelumnya yang frontal banget deh. Peningkatan ada sih tapi ga siginifikan.

Bebek

Boleh dibilang, bebek mungkin hanya tinggal menikmati saat2 terakhir aja sebagai kendaraan paling digemarin di indonesia. Pasarnya makin turun kemakan oleh matik dan sebagian beralih ke sport. Tahun ini saja, berita mengenai bebek baru boleh dibilang hanya ya sebatas angin lalu saja, malahan produk baru pun sepertinya tidak terlalu berpengaruh menaikan gairah di pasar. Pasarnya ane prediksikan makin turun walaupun ga terlalu signifikan seperti tahun kemarin yang anjlok banget.. Hehehehe..

So, ya begitulah prediksi-prediksi-an ane mengenai pasar sepeda motor Indonesia tahun depan, mengenai kebenaran dan ke otentikannya jangan terlalu dipikirkan yang penting ane dah mencoba bikin analisa walaupun hanya dari kacamata awam. Hehehe

Sekian, semoga bermanfaat.

About these ads

3 comments on “[Prediksi] Tahun depan, sport makin populer, matik stagnan, bebek makin nyungsep..

  1. makin kencang dong bro jalanan…setiap mencoba nyalip pengguna sport meskipun gak semua kaya gtu tetep aja ga mau mengalah…hadeeh…ane setuju pendapat anda simbol prestise dan kemapanan…atau di dalam hati kecil simbol wah gtu….terutama anak2 20-25 tahun…karena ane juga pernah mengalami usia segitu…he..he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s