Ketika Sein Tempel Terlalu Mainstream.


Sein led tempel, seakan jadi aksosoris wajib yang harus dipasang ketika beli motor berfairing. Setuju dong ya. Pake sein standar yang menjorok keluar dari fairing ane anggap emang kurang simple. Tahun sendiri traffic disini.. Wew ahh..

Atas dasar itulah mungkin ane bikin artikel ini. Kebetulan kalau di cbr 250 ada slot yang bisa di manfaatkan.. Hehehe.. Bermodal tekad yang kuat akhirnya ane memberanikan diri untuk membuatnya. Ya betul, membuatnya karena ane ga ngorbanin piranti standar. Hanya melepas yang standar dan menggantinya dengan bikinan. Ok, next.. Pergilah ane ke toko elektronik beli ini itu bahan baku yang di perlukan seperti:

1. Dudukan lampu sein.
2. Bohlam lampu sein tancep adanya maksimal 10W.
3. Soket sambungan secukupnya.
4. Rangkaian buat bikin flasher. :D

Gini-gini, walaupun ane basicnya mechanical engineer, tapi pernah juga lah bikin rangkaian listrik sama itungannya ngerti dikit-dikit. Hehehe.. Makanya pas lihat spek lampu sein standar yang 21W, miris juga nih, kalau di paksakan pasang bohlam 10W pasti kedipnya ga standar. Makanya ane sekalian berencana bikin flasher modif.. Hehehe

Next.. Siapkan tools.. Semacam gunting, pembentuk sambungan soket, lakban, dll.. Pake yang ada aja ga perlu beli yang penting fungsinya.

the tools..

the tools..

Pertama, buka aja fairing samping dan perangkatnya. Ane ga perlu jelasin kali ya.. Hehehe.. Terus rogoh tuh dudukan lampu senja pake tangan di pojokan fairing depan. Puter dikit lalu tarik. Copot deh, terus cabut lampunya. Amankan dudukan lampu senja, karena ga akan di pake.

Tutup bekas dudukan lampu senja dengan lakban. Ane punyanya lakban ini jadi kurang rapih sih.. hehe

Tutup bekas dudukan lampu senja dengan lakban. Ane punyanya lakban ini jadi kurang rapih sih.. hehe

Ikat deh pake cable tie.. Usahakan tempatkan ke tempat yang aman dan tersembunyi.

Ikat deh pake cable tie.. Usahakan tempatkan ke tempat yang aman dan tersembunyi.

Step selanjutnya, tinggal bikin extension buat seinnya. Dari bahan dudukan sein yang di beli di bikin soket sambungan mirip dengan aslinya. Gunakan tang jepit buat kabel biar hasilnya kuat.

gini deh hasilnya..

gini deh hasilnya..

Ok extension dah jadi tinggal sambung aja dengan jalur sein ori nya..

Jlebb masukin ke soket ori nya..

Jlebb masukin ke soket ori nya..

Finishh, test dulu ahhh

kiri nyala , kanan nyala, sippp

kiri nyala , kanan nyala, sippp

Its work! °\(‾▿‾)/°

Segitu dulu, Next project ngerangkai flasher custom.. Biar kedipannya normal.

Semoga bermanfaat

8 comments on “Ketika Sein Tempel Terlalu Mainstream.

  1. Wah sesama penunggang CBR 250 ti bandung euy, salam kenal…
    Ane emang dr dulu minat dibikin gt, soalnya make sein tempel krg jelas klo dr depan.. Cuman sayang nya jd ga ada lampu senja nya.. Pengen nya sih dibikin ky mio lawas, klo lampu sein mati lampu senja nya nyala dua2nya.. Tp klo lampu sein di idupin baru lampu nya hidup sebelah.. Cuman agak ribet jadi nya, jd mesti main relay buat ngakalin nya.. Ato mgkn akang ada ide…

Leave a Reply

