Wowww… Mobnas Kiat EsEmKa Punya Kembaran di China..


Agak kaget juga melihat postingan thread dari salah satu anggota forum ModCom @Gran_Tourismo. Ternyata model-model mobil yang di keluarkan mobnas EsEmka sudah punya kembaran ato bahkan sudah di ekpor ke China loh.. ūüėÄ

Kenapa hanya agak kaget? Karena ya memang selama ini berita tentang produksi mobnas EsEmka ini belum lah menyeluruh, hanya berupa klaim aja. Seperti local content yang klaim 80persen, klaim perakitan oleh siswa SMK, bengkel kiat sebagai penyedia body part, waktu pengerjaan 3 bulan.

Saya sebenernya tidak terlalu menganggap klaim itu sebagai fakta, karena, emang belum ada data realnya. Sebelum saya bahas lebih lanjut mending liat dulu beberapa photo berikut.

Foday explorer 6

Foday explorer 6

Kiat EsEmKa (ga tau nama modelnya)

Kiat EsEmKa (ga tau nama modelnya)

Foday Lion Pickup

Foday Lion Pickup

Kiat EsEmKa (ga tau nama modelnya)

Kiat EsEmKa (ga tau nama modelnya)

Foday Explores III

Foday Explores III

Kiat EsEmKa (ga tau nama modelnya)

Kiat EsEmKa (ga tau nama modelnya)

Sekarang liat penampakan interior Kiat EsEmka yang jadi mobil dinas walkot Solo, berdasarkan postingan @B8080O di thread yang sama di ModCom.

Interior Foday Explorer II

Interior Foday Explorer II

Interios Kiat EsEmKa (mobil dinas walkot solo)

Interios Kiat EsEmKa (mobil dinas walkot solo)

Gimana? Sudah liat kan penampakannya? Sangat mirip, kalo ga mau di bilang serupa. Pertanyaannya, apa benar Kiat EsEmKa benar-benar seperti yang di klaim sebelumnya?

Di postingan ini sama sekali ga ada maksud untuk mencibir, merendahkan kreativitas anak bangsa, tapi akan lebih baik jika segala sesuatunya di publikasikan secara menyeluruh, agar bisnis ini tumbuh menjadi besar.

Tentang Foday :
Guangdong Foday Automobile.co.ltd
http://www.fdqc.com

Ok, postingnya saya update, mungkin ini jawabannya. Berita tahun 2010 dari okezone.com, source: okezone

    MALANG – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Singosari layak bangga. Kerja keras bersama lima SMK lain dalam menciptakan prototipe mobil nasional Digdaya semakin mendapat pengakuan.

    Tidak hanya dari dalam negeri, apresiasi itu juga datang dari mancanegara. Terbaru, pengakuan datang dari China. Pasalnya, salah satu produsen mobil di Negeri Tirai Bambu itu tertarik dengan Digdaya. ‚ÄĚKami sudah jajaki beberapa perusahaan dari negara di Eropa danAsia. Alhamdulillah, China merespons lebih jauh untuk membantu kami dalam membuat produk mobil ini secara massal. Namun, Jepang tidak se-responsif China,” ungkap Kepala SMK Negeri I Singosari Bagus Gunawan.

    Bagus menuturkan, perusahaan China itu adalah Foday Motor Inc. Meski dalam bentuk prototipe mobil, SMKN 1 Singosari berharap kerja sama itu terwujud. Foday diharapkan bersedia memproduksi dalam jumlah besar spare part mobil itu.

    Dengan demikian, impian untuk memproduksi mobil itu secara massal dan dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia dapat terwujud. Ada lima produk mobil yang dipersiapkan SMK Negeri 1 Singosari untuk dikembangkan lebih lanjut. Mobil-mobil tersebut saat ini sedang digarap serius untuk mampu menjadi produk mobil hasil industri lokal Indonesia. SMK Negeri 1 ingin memulai industri mobil Indonesia dari sekolah di pinggir jalan raya yang menghubungkan Surabaya dengan Malang ini. Beberapa mobil yang sedang dipersiapkan tersebut antara lain Digdaya I, Digdaya II, Digdaya III, serta Rajawali I dan Rajawali II.

    Harga beberapa mobil untuk Digdaya I, II, dan III antara Rp150 juta – Rp175 juta. Harga Digdaya jenis double cabin antara Rp150 juta – Rp160 juta. Sementara untuk Rajawali I dan II biayanya mencapai Rp185 juta. Harga tersebut berdasarkan biaya pembuatan dengan cara manual, pembuatan spare part masih belum dilakukan massal. Bila diproduksi massal, dia yakin akan lebih murah harga per unitnya. ‚ÄúKami tidak ingin hanya menjadi penonton. Kami yakin bisa melakukan dan menciptakan mobil nasional yang mampu bersaing dengan negara lain,”¬† tegas Wakil Kepala Humas SMKN 1 Singosari Agus Sudarto.

    Digdaya I dilahirkan pada Mei 2009. Mobil ini berjenis pikap ekstrakabin. Berwarna hitam, mobil berpenggerak dua roda dengan kemampuan mesin 1. 500 cc, menggunakan mesin jenis Esemka 1. 5i yang juga merupakan produksi pelajar SMK Cibinong. Spesifikasi engine DOHC Multi Point Injection yang digunakan Digdaya I ini memiliki kelebihan sangat ramah lingkungan, lebih hemat bahan bakar, dan tenaga yang dihasilkan lebih responsif. Mereka mengerjakan prototipe ini karena didasari tingginya kebutuhan mesin dan kendaraan untuk kegiatan praktikum para siswa SMK se-Indonesia. Melihat tingginya kebutuhan tersebut, akhirnya Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) mengambil inisiatif bekerja sama dengan General Motors (GM) untuk membeli blue print engine.

    Pelajar SMK di Cibinong lantas membuat mesin setelah mendapatkan blue print engine tersebut. Mereka pun menghasilkan mesin Esemka 1. 5i dari blue print engine ini. Engine inilah yang akhirnya dipasang di prototipe mobil nasional Digdaya I dan II. Digdaya I maupun II, proses produksinya terdiri atas 60 persen pembuatan produk sendiri oleh pelajar SMK Negeri 1 Singosari. Sementara sisanya sekitar 30 persen hasil modifikasi dan 10 persen lainnya hasil rekayasa. ‚ÄúSasis kami ambilkan dari Isuzu Panther 1997, kemudian dimodifikasi sesuai engineEsemka transmisi enam kecepatan milik Suzuki Escudo. Suspensi depan memakai Mithsubishi L 300 agar lebih nyaman,” paparnya.

    Suspensi belakang memakai milik Izusu Panther, kaca spion Suzuki APV, lampu bagian depan mengambil milik Daihatshu Terios, dan lampu belakang milik Toyota Avanza. Pengerjaan seluruh bodi kendaraan dengan sistem handmadeoleh para siswa dan guru yang terlibat dalam tim ini. Proses pengerjaannya hingga mobil siap jalan sangat cepat, yakni hanya sekitar tiga bulan. Sukses dengan pembuatan Digdaya I, pada 2010 dengan tim berbeda SMK Negeri 1 Singosari menciptakan Digdaya II yang tetap menggunakan engine Esemka 1. 5i. Hal yang membedakan, mobil ini berpenggerak empat roda, dobel cabin, dan berwarna merah menyala.

    Sesuai namanya, mobil tersebut sangat gagah. Meski dibuat dengan kombinasi sejumlah onderdil kendaraan yang ada di pasaran, tapi hasilnya sama sekali tidak serupa dengan mobil lain. (zia ulhaq/yuswantoro/koran si)
    (/) (rhs)

Maju teruss….

Advertisements

23 comments on “Wowww… Mobnas Kiat EsEmKa Punya Kembaran di China..

  1. foday sepertinya itu pabrik yang juga menjual rangka mobil dalam keadaan belum di rakit dan sepertinya pak kiat beli di sana
    cuma perkiraan saya

  2. iye.. gw curiga nih.. pantesan produknya sempurna banget.. ga kalash dari jepang ataupun eropa… ternyata.. aq bingung…

  3. bisa di share, tp judulnya gak usah Lebay dulu. Gausah pake “Wow”
    Wong ya blm ada klarifikasi apapun.
    Tetep dukung anak bangsa yg mau berusaha..
    Kan uda dibilang itu “bentuk” kerjasama.
    Salaaam anak negri.

  4. itkan prbandinganya makai gambar rancangan bkan gambar mobil asli.jd blum tentu asli jg yg dkrim ke cina..yg pnting it bkan klaim mobilnya tapi bagaimana ank smk bs membuat mesin mobil sendiri tidak hanya merakit saja dg mesin yg diambil dr mobil lain..

  5. kl memandang suatu hal it diambil positifnya..kl tdak mampu membuat jgn menjatuhkan karya orang..yg pntng ttp memberi dukungan dmi kmajuan bangsa..apa jadina bangsa ini jk anak mudanya seperti ORANG YG POSTING ARTIKEL INI..buatlah pelajaran..smg lbh bijak lg administratornya kl hnya posting mnyebarkan hal yg blm tentu adanya..

  6. diliat aj positifnya, makasih pencerahannya kawan, hingga kita tdk keburu buru menelan berita, apa jdinya jk memang benar itu bukan buatan anak smk?, begitu pula sebaliknya, bagaimana jk memang itu buatan anak smk, trimakasih yang udah posting artikel ini, aku suka, bkan untuk maksud menjatuhkan anak bangsa tentunya…………………………sebagai pembanding kita tentu harus arif jg menerima postingan ini…………

  7. Ah tidak masalah, mau mirip atau sama persis, mau original atau jiplak tidak masalah, mau esemka duluan atau cina duluan juga tidak masalah. Yang penting anak bangsa sudah bangkit…yang buat anak smk lagi bukan para insinyur, hebat..hebat.

    Jangan didemotivasi dong, tapi support sebagai anak bangsa yang cinta produk dalam negeri

  8. Loh loh, koq komentarnya pada negatif? Kalo saya baca sampai habis (terutama di bagian update berita), justru harusnya makin bangga. Foday itu yang order ke Esemka kan? Makanya dinyatakan bahwa Esemka mungkin untuk diproduksi masal…hayoo baca sampai selesai, jangan atasnya doaaang huhuhuhu

    atau saya yang salah baca?

  9. Ya iyalah; Mana ada di dunia ini yang full manufacturing; Costnya berapa coy;
    Tipi aja sekarang kabinetnya juga dijual bebas di pasar-pasar becek; Jadi ente bisa bikin tipi sendiri atau ngundang tukang serpis lalu nanti hasilnya diakui sebagai karya ente;

  10. Saya pernah menyimak berita tentang sebuah SMK yang juga merakit mobil, disitu dijelaskan bahwa mereka memperoleh komponen² & bagian² mobil dengan mendatangkannya dari RRC untuk dirakit disana sambil mempelajarinya… So, you know sendiri deh… Tapi kayaknya bodi dari Kiat Esemka yg dipakai Pak Jokowi itu mungkin rancangan sendiri meskipun beberapa bagian (lampu depan milik Honda. CR-V & lampu belakang milik Isuzu Panther) dicomot mentah² dari produk lain, kecuali (mungkin) interior-nya… Semoga Esemka maju terus!

  11. Saya pernah menyimak berita tentang sebuah SMK yang juga merakit mobil, disitu dijelaskan bahwa mereka memperoleh komponen² & bagian² mobil dengan mendatangkannya dari RRC untuk dirakit disana sambil mempelajarinya… So, you know sendiri deh… Tapi kayaknya bodi dari Kiat Esemka yg dipakai Pak Jokowi itu mungkin rancangan sendiri meskipun beberapa bagian (lampu depan milik Honda CR-V & lampu belakang milik Isuzu Panther) dicomot mentah² dari produk lain, kecuali (mungkin) interior-nya… Semoga Esemka maju terus!

  12. Kiat esemka juga tidak bohong kok, kan mereka bilangnya perakitan.
    semua negara yg membangun industri otomotifnya dulu juga begitu kok.
    Korea nempel abis Jepang. begitu pula malaysia cetakan mitsubishi dan daihatsu dipakai. Cina apalagi nembak abis semua mobil di pasaran, gak peduli mobil eropa, jepang atau amerika.
    Indonesia via timor mau bikin mobnas, sayangnya ada vested interest dan bangsa kita terlalu nyinyir.

  13. OK mas bro, apapun caranya mudah2an bukan wacana saja dan hot line news doang tentang kiat esemka, yang jelas masyarakat indonesia akan bangga kalau memang terealisasi mobnas…yang penting harga murah suku cadang tersedia juga harga beli terjangkau oleh masyarakat indonesia dengan qualitas yg tidak mengecewakan….

  14. Ternyata Esemka ini dapat bersaing di pasar mobil China, perlu dukungan para investor anak negeri untuk meningkatkan export mobil ini ke China yang merupakan pasar potential, Selanjutnya export kenegara-negara tetangga Malaysia, negara -negara Timur Tengah dan Afrika. Selanjutnya garap pasar Eropa dan Amerika

  15. FODAY UDAH ADA DARI DULU. YANG TERBARU ESEMKA PAKE MOBIL CHINA JUGA MEREK “CHERY TIGGO” DAN “JONWAY A380”. INI NAMANYA PEMBODOHAN PUBLIK. NIPU..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s