Ketika Garam Masuk ke Mesin.


Baru tahu saya, sedemikian dahsyatnya kerusakan akibat garam masuk ke mesin. Seketika semua komponen dalaman mesin jadi hancur, piston penuh kerak, bearing lengket, mesin pun jadi 100persen mati. Ga tau reaksi kimia apa yang terjadi antara garam (NaCl) dengan oli dan logam. Lihat dipenampakannya aja.

Bukan hanya kepala piston yang penuh kerak, bodynya juga, ringnya juga lengket.

Bukan hanya kepala piston yang penuh kerak, bodynya juga, ringnya juga lengket.

Noken as seperti tampak habis proses blackening.

Noken as seperti tampak habis proses blackening.

Stang piston juga berkerak dan menghitam.

Stang piston juga berkerak dan menghitam.

Rantai mesin penuh kerak dan karat.

Rantai mesin penuh kerak dan karat.

Gigi primer, berkarat.

Gigi primer, berkarat.

Jeroan lainnya, yang juga penuh kerak hitam.

Jeroan lainnya, yang juga penuh kerak hitam.

Setelah melihat pasien bengkel yang kaya gitu, hati-hati mulai sekarang, pastikan tutup oli di kencangkan dengan benar.

Kencangkan tutup oli mesin dengan benar, pake tang.

Kencangkan tutup oli mesin dengan benar, pake tang.

Atau kalo misalnya pengen lebih aman lagi, mungkin bisa pakai tutup oli yang dari bahan stainless, dengan pengunci menggunakan kunci hexagonal atau kunci L.

Tutup oli dengan pengunci menggunakan kunci L.

Tutup oli dengan pengunci menggunakan kunci L.

Advertisements

20 comments on “Ketika Garam Masuk ke Mesin.

  1. kalau manusianya ngeyel sudah di tegur. bagusan kita jailin.. pake garam dan kecap..
    garam kecil harga 2.500
    corong minyak klw ada di rumah. klw gk beli. habis 10rb. klw tupp nya standart. bisa buka pakai kunci pass atw tang!!
    pagi2 geber2 motor. bukan gtu manasin mesin! di geber2 sampai mesin berkoar-koar.. sampai over head!!! kan dah gilak manusianya..
    teepaksa motor di jailin.! selesai manusia kerass nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s