Kejurnas 250cc 2012 kayanya serruuu..


Beberapa waktu lalu, baru saja launching tim road race honda Astra Racing Team,yang merupakan reinkarnasi tim Star Motor yang sebelunya pake yamaha. Tim ini di perkuata oleh 2 pembalap yang tangguh, yaitu Deny triyugo dan Wawan hermawan. Deny di tahun-tahun sebelumny memperkuat star motor dengan menggunakan yamaha untuk event sekelas indoprix, sedangkan wawan hermawan aktif bersama Honda untu belap motoprix, OMR, maupun sesekali balap sport di Sentul. Selain turun di kelas bebek tim ini juga ikut meramaikan pertarungan di kejurnas sport 250cc.

Selain tim ART yang akan turun di kelas 250cc, dari tim honda lain yang mungkin akan ikutan adalah honda Tunas Jaya. Persiapan untuk motornya sedang dilakukan di Jogjakarta, dengan pembalapnya Hokky Krisdianto.

Tahun lalu kelas ini hanya sebagai kelas percobaan karena peraturan yang belum seimbang. Bayangkan 1 silindernya CBR vs 2 silindernya N250, belum lagi ga adanya peraturan bobot waktu itu jadi makin ga imbang deh, kasian 1 silindernya. Sedangkan bobot cbr sendiri malah ikut2an mendekati bobot N250.

Di tahun ini, regulasinya berubah. Semuanya sudah mulai lebih rinci, seperti peraturan mesin, sasis, dan bobot. Tahun ini mengarah cenderung kelas tune up, bukan standaran lagi, cam bebas, ECU bebas, di batas di diamater venturi aja.

Berikut kutipan regulasi teknik kejurnas sport 250cc.

Cam Shaft, Rocker Arm beserta bahanya bebas
Spring Valve (Per Klep) bebas
1 Cylinder valve inlet (klep masuk) diameter maksimum 32 mm
2 Cylinder valve inlet standard
Sprocket Cam Shaft bebas
Motor yang menggunakan Carburator : CDI, Coil, Magnet, (Pengapian) Bebas, Wiring Body bebas
Motor yang menggunakan Injection : ECU Bebas Fuel system Bebas, Wiring Body bebas
Spark Plug dan Gasket bebas
Porting dan Polish bebas
Knalpot bebas, boleh full system dan bahan bebas
Brake line bebas
Bahan kanvas rem bebas
Velg standard
Kapasitas silinder : 250 cc untuk 1 atau 2 cylinder
Berat minimum kendaraan dengan BBM, oli, dan isi radiator (minus pembalap): 1 cylinder 137 kg – 2 cylinder 162 kg (selisih 25 kg), lebih ngak papa, kalau kurang harus diberi beban tambahan
Piston bebas tetapi menggunakan 3 alur ring
Carburator : 2 cylinder 34 mm vacum atau 28 mm non vacuum, merek bebas, jika menggunakan injection maksimum throttle body 34 mm
Carburator: 1 cylinder 46 mm injection type bebas, throttle body merek bebas
Radiator bebas dan boleh dipasang oil cooler, tetapi air radiator tidak boleh menggunakan Coolant.

Yang jadi pertanyaan, kenapa radiator ga boleh pake coolant? Bukankah emang standar radiator itu wajib pake coolant? Masih kurang jelas nih.. Semoga nanti ada updatenya..

Semoga balapnya live di TV ya, biar saya yang jauh dari sentul bisa nonton. Hehehe..

Advertisements
By bambangaruman Posted in Racing

3 comments on “Kejurnas 250cc 2012 kayanya serruuu..

  1. Honda CBR250cc sdh membuktikan ketangguhannya mengalahkan kawasaki ninja 250cc dengan beda 19detik…Juara pertama dan kedua di raih rider Honda CBR 250cc dan ketiga baru rider kawasaki ninja 250cc…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s