Short Shifter untuk Motor Bebek Modifikasi Kopling Manual.


Sebelumnya pernah saya bahas nih bikin quick shifter ini, cuman artikelnya belum lengkap dengan poto-poto, yang barangkali dapat membantu yang mau apply. Intinya dari ubahan ini adalah memperpendek jarak injakan gigi persneling, apalagi, aslinya motor bebek yang koplingnya otomatis mekanisme pemindah gigi juga berfungsi sebagai mekanisme kopling otomatis. Nah apabila motor bebek tersebut koplingnya jadi manual, tentu mekanis untuk penggerak kopling otomatis bisa di hilangkan kan? Dan perpindahan gigi bisa jadi lebih cepat seperti motor-motor yang dari pabriknya dah kopling manual.

mekanisme pemindah gigi, pada Honda karisma, terdapat 2 bagian.

mekanisme pemindah gigi, pada Honda karisma, terdapat 2 bagian.

Pemindah gigi aslinya bebek kopling otomatis terdapat 2 bagian yang terpisah. Bisa dilihat pada gambar di atas, dan diantara ke dua bagian ytersebut terdapat space. Space ini berfungsi untuk mekanisme penggerak penekan kopling secara otomatisnya.

Celah antara 2 bagian shifter.

Celah antara 2 bagian shifter.

Setelah tahu cara kerjanya, sekarang gimana caranya biar jadi pendek mindah giginya? Gampang, tinggal satukan saja ke dua bagian itu, dalam arti kedua bagian itu langsung bergerak bersamaan. Sehingga space untuk menggerakan kopling secara otomatis bisa dihilangkan.

Cukup 2 spot aja Las nya.

Cukup 2 spot aja Las nya.

Hasilnya? Bisa lihat di gambar di bawah:

Terlihat kan bedanya, sebelum di ubah, pergerakan tuas perseneling harus lebih bawah untuk memindahkan gigi, tapi setelah di ubah, untuk memindahkan gigi jadi lebih pendek. Tanpa speleng lagi deh tuasnya..

Simple kan, tapi hasilnya sangat bermanfaat, perpindahan gigi jadi lebih sensitif, cukup colek dikit aja. Hehehehe 😀

Advertisements