FIDT Yamaha Terbaru, Lebih Lengkap dan……


Baru-baru ini kabar tentang mio J makin menjadi, setelah teknologi Ymjet Fi yang di gembar gembor lebih efisien terbukti di test para media. Sebelumnya tentang ECU dan diagnostic tool yang lebih lengkap dibanding alat sebelumnya yang dipakai di vixion. Yamaha memang terlihat sangat serius mengenai tooling dang perangkat service injeksi ini. Bahkan sistem pembersih perangkat injeksi pun di perkenalkan. Padahal….motor kecil yang pake injeksi pertama kan suprax125nya Honda ya, tapi ga keliatan sesibuk yamaha dalam pengenalan perangkat servicenya. Malah honda cenderung sibuk dengan pengenalan teknologi, kalo perawatannya hampir ga ada kabar tuh.

Baiklah..untuk masalah after sales service tampaknya lebih unggul. Motor injeksi yamaha MioJ, memang menggunakan alat diagnosa sistem injeksi yang lebih komplit, selain untuk reading error code, juga untuk setting CO, dan recording riwayat error pada system tersebut. Karena lengkapnya menu-menu yang terdapat pada diagnosa ini, maka makin rumit aja prosedur pengecekannya. Makanya sekarang menggunakan basic PC. Ga lagi seperti FIDT vixion yang dulu yang ringkas.

Ujung-ujungnya harga untuk perangkat servicenya tersebut menjadi jauh membengkak dari sebelumnya, karena di jual secara paket. Ya, paket bengkel, perangkat diagnosa (fidt), perangkat pembersih(inejktor cleaner) dan system perbaikan(kemungkinan juga ada).

SDM yang di perlukan untuk penguasaan alat ini juga ga sembarangan, harus di training khusus pastinya, karena cenderung lebih rumit dan menyeluruh dalam prakteknya. Tentunya hal ini hanya untuk kasuistis aja, ga setiap service rutin kali ya di cek begini.

Ngomong-ngomong, berapa harganya nih FIDT se set nya? Otomotifnet pernah mengulas, bahwa harga untuk fidt sekitar 4.7juta! Tapi…ada tapinya ternyata, harga itu hanya untuk perangkatnya diagnosanya saja(hardware), seperti data logger, konnektor dsb. Belum termasuk Software kalo menurut sumber terpercaya yang saya dapat. Softwarenya sendiri mencapai seharga motor baru MioJ gan!! Ckckck, mahal amat ya tuh software.

Ini paket system diagnosa(FIDT).

Ini paket system diagnosa(FIDT).

Itu untuk pengkat diagnosanya, kalo paket sama sytem pembersih harus bayar berapa? Murah lah hanya seharga Vixion baru.. Hahaha… Terasa istimewa nih pas saya mendengarnya. Bagaimana tidak untuk bengkel-bengkel kecil harga tersebut akan sulit dijangkau, hehehe. Doain aja semoga nanti harganya turun ya. Biar bisa beli buat di rumah.. Hehehehe. Tapi walopun mahal, alat ini akan compatible dengan seluruh varian yang sudah dan akan di luncurkan kedepannya, jadi invest besarnya cukup sekali aja.

Strategi yamaha terdengar all out ya, boleh jadi ini karena, mungkin rencana kedepan yamaha bakal mengeluarkan motor-motor berteknologi injeksi yang lebih advance.

So, semakin ga khawatir aja nih beli motor injeksi.. Bila ada yang bilang, pake motor injeksi itu rentan, sekarang kayanya dah harus di singkirkan, karena semuanya tampak sudah sangat siap!!

Maju terus motor injeksi… Ga sabar nunggu road race bebek ato matik pake injeksi nih, kayanya seru… Hehehe, mekaniknya bawa laptop kaya motogp.. :D..

Advertisements

27 comments on “FIDT Yamaha Terbaru, Lebih Lengkap dan……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s