Sedikit Tentang Carbon Fiber.


Sedikit banyak kita sudah mengenal atau sekedar tahu mengenai Carbon Fiber (CF). Terkenal dengan kontur warna tampilan yang menarik dengan anyaman serat, kekuatan dan bobot yang ringan. Kebanyakan sih tertarik karena tampilannya, yang berkesan racing banget. Makanya banyak racing part yang berbahan dasar CF seperti fairing, body part, exhaust, piping dll. Dalam manufacturenya CF memang mirip seperti pembuatan Fiber Glass (FG) yang sering di jumpai di produk bodikit lokal. Kelemahan FG terletak pada kekuatannya yang rendah dan bobot yang lumayan berat untuk sebuah bodykit. Hal ini di karenakan berbagai faktor yaitu karena materialnnya sendiri yang tak saling berikatan dan karena hanya di ikat oleh resin epoxy dan hardener. Saya akan mengulas sedikit mengenai CF dalam hal jenis dari pembuatannya, kalo ada mau nambahin silahkan, kalo ada yang keliru mohon di koreksi.

Pada dasarnya CF asli(yang real CF) pembuaannya memerlukan bahan-bahan terdiri dari carbon fabric/cloth, resin epoxy, hardener, moulding/cetakan untuk mencetak, wax dll. Tapi sedikit banyak karena kebutuhan pasara yang tak semuanya menginginkan kelebihan CF, ada yang hanya ingin tampilan saja ala CF sedangkan corenya masih part asli ato malah hanya ingin motif CF aja.

Ada beberapa cara untuk membuat tampilan CF pada spare part diantaranya yang saya tahu:

1. Mencetak CF.
2. Melapis CF dengan material Carbon fabric.
3. Melapis dengan teknik Water Printing/Coating.
4. Melapis dengan vinyl/film motif CF.

Mari kita bahas satu persatu.

Yang pertama mencetak CF. Mencetak dalam hal ini adalah membuat part baru dengan material full CF, keuntungan yang didapat dengan metoda ini adalah mendapatkan part dengan segala kelebihan CF(kuat, ringan, menarik). Sedangkan kekurangannya harganya paling mahal di antara semua option di atas.

Ke dua, melapis dengan material Carbon fabric untuk menghasilkan part dengan tampilan CF. Kelebihan dengan metoda ini kita bisa mendapatkan part dengan tapilan sama persis dengan CF cetakan, keawetan hasil juga sama, dengan biaya yang lebih murah dibanding mencetak full CF, karena tak memerlukan pembuatan moulding terlebih dulu. Sedangkan kekurangannya bobot bisa saja lebih berat dari part asalnya, karena tambahan lapisan Carbon Fabric.

Ke tiga, dengan water printing/coating. Metoda yang baru beberapa tahun masuk ke indonesia ini, cenderung mudah dalam prosesnya, tetapi tetap harus dilakukan ahlinya. Berupa lapisan tipis yang dibantu air dalam proses pelapisannya. Kelebihannya sangat flexible untuk berbagai macam kontur, mudah dan murah dalam pembuatannya, bersifat permanen. Kekurangannya karena hanya lapisan tipis aja, sama halnya dengan cat, mudah tergores bila tak di lindungi dengan baik, tak tahan panas extrim, tak terdapat tekstur carbonnya hanya motif saja.

Ke empat, dengan melapis film/vinyl motif carbon fiber (bisa disebut juga stiker gampangnya). Film dan stiker sebenarnya hamapir sama saja, tapi ada juga yang membuatnya menjadi beda, akal2an pedege aja sih, Hehehehe. Banyak macamnya nih, dari mulai yang hanya motif aja, sampai yang bertekstur. Kelebihannya harganya relatif terjangkau, pengaplikasiannya mudah tinggal tempel aja, terus mudah di lepas kalo bosan. Kekurangannya bersifat temporer, tidak tahan lama, kalau terlalu lama menempel berpotensi merusak lapisan yang dilapis, tidak tahan panas ekstrim, untuk profil-profil tertentu akan sulit memasangnya.

Segitu dulu kali ya.. Nanti kalo ada hal baru di update deh.. Hehehehe..

Advertisements

7 comments on “Sedikit Tentang Carbon Fiber.

  1. ARIEFAB – Chemical menyediakan :
    – Epoxy Resin
    – High Temperature Resin ( Resin Tahan Panas )
    – Resin Bening Biasa
    – Resin Butek
    – Catalyst
    – Silicone Rubber
    – Matt ( Serat Fiber )
    – Mirror Glaze ( Silicone Rubber )
    – Pigment / Pewarna Resin
    – Karet Sintetis

  2. permisi mas, sya tertarik dgn body kit carbon,
    yg pengen saya tanyakan, bagaimana detail pembuatannya?
    dan seperti apa fisik carbon fabric?
    terima kasih.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s