[IRS Sport 250] Honda juara, kontroversi bobot, kawasaki belum siap?


Honda mengambil tempat terhormat di gelaran race kejurnas sport 250 IRS. Ga tanggung-tanggung posisi pertama dan kedua di babat habis. Untung kawasaki masih ada yang naik podium 3. Yahh itulah faktanya, honda CBR yang selama ini hanya di pandang sebelah mata oleh para speedgoers, ternyata membalikkan semuanya. Tentu campur tangan tim profesional sangat berandil besar disini.

Persiapan tim yang matang, support pabrikan yang penuh menjadikannya mulus jadi juara di seri pertama ini. Bocoran mengenai spek teknis cbr juara ini ada di TMC blog. Penggunaan radiator yang lebih besar, mengisaratkan kemampuan yang melebihi jauh dari standarnya. Asumsi saya mungkin speknya diatas 30DK!!! Dengan mesin full spek, pembalap seeded pengalaman di balap bebek, dan kemampuan tim yang profesional menjadikannnya sangat layak untuk juara.

Di balik itu tim kawasaki yang sebenernya telah bermain lebih dulu di kelas ini malah seperti kurang persiapan. Padahala kawasaki dah menurunkan pembalap supersport andalannya M Fadli. Tapi apa boleh buat motornya kurang kompetitif, karena persiapan mefet.. 😀

Kabarnya motor fadli baru datang jumat pas latihan aja, korekan, settingan pun masih belum maskimal. Bandingkan dengan tim Honda khususnya ART yang dah persiapkan motor dari semenjak februari.

Pada seri pertama ini juga terjadi sedikit kotroversi mengenai perbedaan bobot tunggangan. Selisih bobot 25 kg diantara keduanya banyak menganggap terlalu berlebihan. Tapi toh ini peratiran sudah di sahkan jauh-jauh hari, bukan sekedar tembak pas mau race. Harusnya pertimbangannya ga ngasal juga. So, terlalu naif kalo baru seri pertama mempermasalhkan aturan, di tambah yang juara adalah honda yang kebetulan bobotnya lebih ringan.

Apa mungkin pas penggodokan regulasi pihak kawasaki terlalu meremehkan kemampuan CBR ya? 😀 mangkanya dianggap 25 kg angka yang cukup untuk konsekuensi perbedaan konfigurasi mesin.. Heehhehe..

Tapi tenaglah, para penonton nikmatin aja pertarungan seri-seri selanjtnya, kalo cbr menang, ya wajar, toh mereka emang layak juara, mending penunggang kawasaki mulai berbernah deh dari sekarang, karena ternyata lawannya sangat kompetitif.. Hehehhehe..

Yang namanya balap, menang ato kalah itu keharusan, yang penting junjung tinggi aturan yang ada, jangan sampe adalagi yang di diskualifikasi karena melanggar aturan bobot.. 😀

Can’t wait for the next race, next moth.. Fell free to comment ya..

*) hasil race please read : http://pertamax7.files.wordpress.com/2012/04/150183_287693291312814_116059458476199_651052_972489620_n.jpg

Advertisements

3 comments on “[IRS Sport 250] Honda juara, kontroversi bobot, kawasaki belum siap?

  1. Ane setuju bro.
    Hanya saja memang kelas ini tak sekedar pertarungan biasa, namun sarat dengan gengsi dan image dari suatu produk. So, pasti sangat menarik dan pabrikan ndak akan tinggal diam.
    Mempersoalkan peraturan yang sudah disepakati sama saja menjilat ludah sendiri.
    Mending dimaksimalkan dulu settingan mesin dari kawasaki, kalo dah mentok baru minta peninjauan ulang regulasinya. Jangan karena di seri 1 keok trus buru2 minta regulasi direvisi.
    Kalo udah bicara race yaa musti ada nilai sportifitas yang dijunjung tinggi. Jangan asal ngambeg & boikot.

  2. ninja ga bakalann bisa lbih baik dr cbr, karakter mesin lambat keluar tikungan dan hanya unggul di top speed doang, klpun bobob dibalik hasilnya msh akan menang cbr wlpun beda o,1 detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s