Tak selamanya papas Head itu di Bubut


Papas head atau blok silinder selama ini identik dengan proses bubut. Tapi ternyata ada mesin yang lebih simple dan khusus untuk papas blok maupun head. Kalau dilihat keturunannya nih mesin masuk ke mesin milling, tapi dengan tool cutting semacam single lips. Iya single lips, karena hanya punya satu mata potong. Pencekaman benda kerja, blok/head menggunakan fixture atau pemegang. Seperti chuck lah kalau di mesin bubut. Bedanya di mesin ini flatness lebih terjamin karena pencekaman relatif lebih rigid.

Kita lihat beberapa penampakan mesinnya.

tampak luar mesin

tampak luar mesin

Nah dengan tipikal mesin yang kompak dan simple ternyata mampunyai kelebihan lain selain rigidity terjaga. Hasil pengerjaan flatnessnya bisa terjaga dengan baik terutama untuk pengerjaan bidang lebar. Seperti head blok mesin multi silinder. Karena bidang clamping lebih luas dan jangkauan cutting tools lebih leluasa.

contoh head papasan. bidang luas ga masalah. flatness terjaga.

contoh head papasan. bidang luas ga masalah. flatness terjaga.

Memang untuk pengadaan mesin ini kesannya special, karena hanya bisa mengerjakan kerjaan satu jenis saja, yaitu papas head, blok maupun jenis lain yang membutuhkan kerataan. Flexibilitynya ga sebaik mesin bubut yang bisa multi job.

Buat hasil memang tak perlu di ragukan. Tinggal sebarapa banyak pekerjaan yang membutuh special machine seperti ini. Kalau bejibun dan rutin. Why not? Isnvestasi untuk kepuasan palanggan lebih tentu akan sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Betul? Hehehe..

*this is technical article just for sharing.

Advertisements

6 comments on “Tak selamanya papas Head itu di Bubut

  1. surface grinding casting aluminium sama perlakuannya pada saat dia di milling.
    Buatkan jig, pastikan surface di dial “0”. Pergunakan batu gerinda dengan level resin hard.N jangan lupa untuk dresser batu gerinda sesering mungkin bro. semoga membantu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s