Sang market leader(avanza-xenia) berbenah, Apakah pertanda ancaman sang Penantang(ertiga) itu kian terasa?


This is fully of my opinion.. Read carefully ya.. Hahahaha

Ok, new avanza dan xenia bulan ini telah meluncurkan varian baru yang dilengkapi dengan airbag.. Bagus sih berarti ada kemajuan dan makin tinggi kepedualnnya terhadap safety.. Tapi. Kalau di telisik lebih dalam, ini menandakan sesuatu yang lain selain hal safety tadi. Hahahaha biasa yang namanya market leader kadang suka terlena dengan tingginya penjualan, tingginya permintaan pasar secara tidak langsung membuat para engineer jadi kurang kerjaan. Lupa akan inovasi..:p kerasa sendiri sama ane gan.. Hahahaha

Next, data penjualan xenia dan avanza emang hampir ga pernah ada grafik menurun, bahkan cenderunf stabil di tiap bulan. Tapi yang perlu di perhatikan adalah sang penantang, mulai dari yang lamaan dikit kaya livina, dan sang penantang lainnya kaya Ertiga mulai sedikit mengancam. Ya dikit sih dibanding volume jualan sang juara.

Tapi eits lihat kondisi penjualan di 2013 ini, peran penantang kian membabi buta, terutama ertiga, damn!!… Dikit sedikit mulai melampaui velume jualan produk yang sudah lama eksis, tau sendiri, ertiga baru launching sekitar tahun lalu saja. Terhitung hanya berumur setahun sudah mulai bisa menancapkan kepercayaan konsumen.. Ckckckck kuonsumen lama yang hanya di suguhi pilihan itu-itu aja mulai ada pilihan, dan mungkin baru sadar, ini mobil layak di perhitungkan. Soal ketangguhan sang juara memang tak perlu di ragukan, ataupun si pennatang yang juga mulai lambat laun teruji di hati konsumennya. Yang paling membanggakan bagi pengguna ertiga tentu karena si penantang ini di lengkapi fitur yang tak dimilik di sangjuara. Boleh saja sebelunnya di xeniavanza ada faktor unggulan seperti ac double blower, tapi itu bukan lagi keunggulan tahun ini, karena bulan kemarin ertiga double blower + matik transmision juga meluncur.. Disini nih sepertinya sang penantang sudah unggul telak dari si juara bertahan. Perang di kelas tertinggi masing2 varian memang kejam. Lihat saja, fitur2 penantang ini begitu menggiurkan, abs, ebd, dan aribag, remote stir, +ac double blower + matik, makin komplit aja. Sedangkan sang penantang? Ya gitu2 aja, interior double blower yang di banggakan sudah makin ketinggalan gan… Masa fitur dengan harga yang di tawarkan ga imbang..

Dari sinilah perang sesungguhnya di mulai, xeniavanza mulai terusik, ketika jualan xenia mulai terlewati oleh ertiga, xenia berang? Tenttu tidak, tetep beralasan kekurangan suplai pada awalnya. Eits, itu biasa untuk pencitraan, sebulan saja sih, setelah itu xenia di atas lagi, tapi bulan berikutnya setelah sertiga matik+double blower di launching, langsung naik lagi tuh, xenia di lahap deh..

Nah nah nah… Sekarang ga ada ampun, xeniavanza mulai menyerang balik, dengan kaluar versi airbag.. Hahahaha mulai terusik ya bos? Tetep belum mengaku nih si bos, baca disini-» http://m.detik.com/oto/read/2013/05/15/121426/2246417/1207/

Walaupun ga ada pengakuan secara langsung, tapi terbaca dengan jelas kan, kalau si penguasa mini mpv itu sekarang sudah bangun dari mimpi? Mulai berbenah. Ingat bos, konsumen makin pintar, mengandalkna merk dan nama besar ga jaminan lagi jualan laku. Banyak contohnya kok, tetep lah kekuatan produk lebih utama.

Next, perang ini akan makin seru, apalagi kalau jualan xeniavanza malah stagnan, dan ertiga naik, wah makin seru, mungkin saja senjata pamungkas itu akan datang, dengan xeniavanza versi baru dengan gerak roda depan mungkin? Tentu saja bisa. Hahahaha

Advertisements
By bambangaruman Posted in Car

2 comments on “Sang market leader(avanza-xenia) berbenah, Apakah pertanda ancaman sang Penantang(ertiga) itu kian terasa?

  1. hmm … , di luar sana…, avanza/xenia sudah ada fitur-fitur seperti diatas, cuma disini nga dipasang aja, karena tanpa itu saja masi laku, dan regulasi tidak mewajibkan.
    ketika kompetitor mulai terasa mengganggu…, fitur-fitur yang tadinya di copot dipasang lagi. untuk Abs sudah lama ada di varian S type.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s