Sebenarnya beli LIMO ex-Taksi itu worth it ga sih?


Ga sedikit loh yang penasaran dengan panwaran mobil-mobil ex taksi. Sebutlah penawaran di media online, yang menyebutkan bekas taksi merk A itu lebih terawat, sehingga di jual lebih tinggi. Terus jangan beli bekas taksi B karena jorok perawatan, ada lagi beli aja yang sudah di upgrade biar ga repot, dengan konsekuensi harga lebih mahal dikit. Sebenernya beli LIMO taksi itu worthed ga sih?

Bingung pas awal-awal, sedikit sedikit ane pelajari perbedaan Limo atau vios aja sekalian. Dengan asumsi yang dipersempit lingkupnya dengan tahun yang sama misalnya Vios G manual 2007 new model vs Limo 2007 ex Taksi . Yuk gan mari kita runut satu persatu.

Exterior

Kalau lihat sekilas, asli ga akan ketahuan kalau inin vios atau limo, dengan cat yang mengkilap, kaca film, emblem G sama lah dengan vios, tapi kalau di telisik ada beberapa hal yang paling terlupakan kalau upgrade limo ke vios G, apa tuh? jreng jreng….. CAKRAM BELAKANG gan!!, ibarat motor, motor tanpa cakram belakang adalah motor jadul, begitu mungkin kata fans boy. nah kalau di mobil juga gitu, mobil dengan cakram belakang ibaratanya mobil sport gan, coba dari jama dulu mobil yang pake cakram belakang rata-rata mobil sport atau yang berharga lumayan mahal dibanding dengan versi tromol di belakan. Contoh yaris, yaris yang pake cakram belakang hanyalah yaris termahal, sama dengan Jazz GD3, yang pake cakram adalah Jazz vtec aja, IDSi ga pake tuh cakram belakang.

Teromol di roda belakang LIMO

cakram belakang di VIOS G

cakram belakang di VIOS G

upgrade cakram belakang bukan duit dikit gan, jadi sangat jarang di lakukan walaupun sebenernya bisa saja sih.

next, sein samping di spakbor depan, di limo ada sein samping di vios kaga ada tuh. Kadang kalau yang teliti pas di cat ulang bagian ini di tutup, tapi ada juga yang ditutup kaya mobil di atas. Exterior cukup lah segitu lainnya kaya foglamp, terus emblem, grill masih bisa di ganti dengan mudah.

Interior

Nah di bagian ini nih yang biasanya agak sedikit banyak bedanya. Di dashboard kalau vios bs limo ibarat bumi langit, limo hanya seadanya sarat minimal sebuah mobil, ada ac, tape standar atau ada juga yang di ganti, setir keliatan kusam kadang di ganti racing, tapi yang agak mahal di bagian interior adalah speedometer, yang limo masih analog sedangkan vios ga sudah iluminated. Belum lagi soal keyles entri. Integratede head unit masih ada yang jual sih yang murah meriahnya. Yang mikirin safety airbag tentu penting di limo mana ada, tapi di vios g jadi perangkat standar.

Interior LIMO Upgrade

Interior LIMO Upgrade

Interior VIOS

Interior VIOS

Perbedaannya sudah, sekarang ane bikin itungan kasar, worthed ga nya limo dengan harga yang di tawarkan.Lets start…

Pertama harga baru Vios G saat 2007 dan harga baru Limo di tahun yang sama. Nah berhubung perbedaan kondisi, yang vios buat pribadi dan limo buat flat kadang harga di pricelist ga bisa jadi patokan sebagai harga jual, OK lah vios saat itu saudara ane beli sekitar 185jt cash, sedangkan limo sepengetahuan ane dulu di jual sekitar 150jtan atau mungkin lebih murah karena konsumen flat dan beli banyak.

Next nya kilomater pemakaian. sejauh-jauhnya mobil pribadi yang ane liat di iklan-iklan dan mobil vios sodara ane, berkisar di 120-150rb km paling poll.  Sedangkan limo dengan umur segitu ada beberapa yang menyebutkan sekitar 400-500rb km atau bahkan lebih di odometernya. Asumsi saja untuk hal ini kita ambil 400rb km lah ya. ok kan?

Next soal perawatan pemilik perorangan ga bisa dipukul rata emang, kadang ada yang rajin kadang ada yang cuek. Hal ini bisa di minimalisir dengan melihat service record, mutlak ini mah. Kalau Limo? hanya sebatas klaim aja sih biasanya misal perusahaan A punya standar  maintenance yang tinggi, sedangkan yang B katanya cuek cuek aja. Berpengaruh ke harga yang di tawarkan.

jreng jreng.. final harga jual bekas pantauan ane secara online hari ini rata-rata limo standar non upgrade di jual sekitar 75jutaan ada yang lebih mahal ada juga yang lebih murah tapi dikit semurah2-nya limo 2007 paling di 73jt kalau di penawran iklan ya. soal tawar menawar di luar konteks ini. sedangkan vios dengan kondisi layak di kisaran 125-135jt, ambil tenghnya di 130jt, deal?.

Mari berhitung.

RUMUS (menurut ane ya, kalau salah ya tolong di betulkan saja, ini murni opini ane)

(Harga Mobil Awal1 – Harga Jual kondisi Second Sekarang1)/Jarak Tempuh1 = (Harga Mobil Awal2 – Harga Jual kondisi Second Sekarang2)/Jarak Tempuh2

1= vios

2=limo

jika harga baru vios G tahun 2007 = 185jt, dan harga jual vios second yang jarak tempuhnya 150 ribuk km= 130jt, Berapa harga seharusnya Limo (X) yang sudah menempuh 400rb kilometer?

kita masukkin aja ke rumus:

(185jt-130jt)/150rb = (150jt-X)/400rb

[(55jt)400rb]/150rb=150jt-X

146.67jt=150jt-X

X=150jt-146.67jt

X=3.33jt

Menurut hitungan rumus di atas, Harga jual LIMO dengan jarak tempuh 400rb km = 3.33jt saja gan!!

Nah jika sekarang LIMO di jual 75jt? menurut ane sih ga worthed, di samping segambreng perbedaan kasta, juga perhitungan tadi itu yang based on jarak tempuh atau lifetime suatu produk. Tapi jika dengan di jual 75jt saja laku, ya sudahlah yaaa.. hahahaha

Sekian Semoga Bermanfaat..

Note:

Tulisan ini hanya sebatas Share saja, semua hanya murni dari pemikiran ane pribadi.

Semua photo yang ada di artikel ini ane ambil dari iklan-iklan di forum kaskus.

Advertisements

83 comments on “Sebenarnya beli LIMO ex-Taksi itu worth it ga sih?

  1. 3juta?
    ya mungkin gak gitu juga kali ya, ngitungnya.
    pickup t120 keluaran taun gak enak aja masih laku 25jt di pinggiran.
    gausah itu, bebek kaze aja masih mahal, masa iya limo seharga kaze.

    • Cara ngitung bukan begitu gan, tetapi dilihat dari lifetime mesin and produktivitas mesin.
      biasanya Toyota dengan perbedaan asesoris exterior maupun Interrior membedakan 10 Juta.

      Jadi tinggal dibandingin berdasarkan lifetime mesin berdasarkan jarak tempuh..
      Ex-vios= 130 jt-10 jt= 120 Jt untuk limo dengan tahun yang sama.
      Exvios VS exlimo Kec Km/hour = 150K/400K= 0.375 X harga limo tahun yg sama (120Jt)= 45 Jt……harga seharusnya… tapi ke upgrade dengan nama besar Toyota…
      sehingga lifetime mesin di hiraukan…

  2. mobil aja ditung rumus segitu jatohnya kaya motor bebek, lha klo motor diitung pake rumus gitu cuma bisa ratusan ribu perak….????!!

    • Coba itungannya di share, kalau memang bener jadi ratusan ribu.

      Itu rumus perbandingan gan, bukan rumus exact, semuanya tergantung dari kendaraan yang di bandingkan, cara mebandingkannya juga harus bijak, minimal tahunnya sama, jenis nya sama.

  3. sebetulnya sih ini gak apple to apple. harusnya vios tipe e 2007 vs limo 2007.
    karena tipe G bedanya terlalu jauh ke limo, tapi kalo tipe E cuma setingkat lebih tinggi dari limo. CMIIW

    • Cara ngitung bukan begitu gan, tetapi dilihat dari lifetime mesin and produktivitas mesin.
      biasanya Toyota dengan perbedaan asesoris exterior maupun Interrior membedakan 10 Juta.

      Jadi tinggal dibandingin berdasarkan lifetime mesin berdasarkan jarak tempuh..
      Ex-vios= 130 jt-10 jt= 120 Jt untuk limo dengan tahun yang sama.
      Exvios VS exlimo Kec Km/hour = 150K/400K= 0.375 X harga limo tahun yg sama (120Jt)= 45 Jt……harga seharusnya… tapi ke upgrade dengan nama besar Toyota…
      sehingga lifetime mesin di hiraukan… mobil taksi itu mobil CAPE…….waiting for go to SCRAP…. masalah KM bisa di akalin GAN

  4. tetangga ane dulu beli soluna EX blue bird langsung KM masih rendah bro soalnya kalau mobil blue bird itu operasionalnya seminggu 4 kali doang.
    coba deh ente maen ke pool taksi Blue Bird di duren sawit jakarta timur, disana kalo mau beli mobil ex taxi langsung juga banyak, yg 2009 atau 2008an cuman 80 jutaan kalo ga salah, udah termasuk milih warna, balik nama dll.

  5. ane coba ngitung juga nii gan, kalo ini itungan ane pribadi sii

    vios G thn 2008 dijual pada tahun 2013 dengan KM 166000

    rata-rata KM per tahun
    166000 =33200
    5

    Vios Limo 2008 dijual pada tahun 2013 dengan KM 350000

    Jika Vios Normal menempuh jarak 33200 per tahun maka vios limo tahun 2008 sama saja telah berumur…. Thn sejak pembelian
    350.000 =10,5
    33200

    maka bandingkan dengan Vios Limo thn 2008 harus dengan Vios G berumur 2003 itu dikarenakan Vios Limo thn 2008 sama saja seperti vios G pada tahun 2003 dengan KM yang sama

    harga Vios G 2003 105000000

    Vios Limo 2008 85000000
    Biaya Upgrade ke G 15000000
    speedo meter
    dvd paket
    power window
    electrick miror
    alarm
    foglamp
    lis body
    velg
    vios G 2003 belum SRS Air bag

    harga vios Limo upgrade G 100000000

    jadi menurut ane masih worthed kok karena masih diuntungkan dengan selisih sedikit harga

  6. Sorry ni yah gw mau komentar kalo misalnya limo dah 600 km berarti harganya jadi minus dong… Enak banget yang beli limonya malah dapet duit wkwkwkwk

  7. gan, sebaiknya jangan beli mobil ex taxi alasannya sudah saya kemukan di blog ini juga dalam postingan penampakan toyota new vios versi taxi siap meluncur……disitu saya jelaskan secara mendetail dan menyeluruh alasannya kenapa agan-agan jangan membeli mobil ex taxi

  8. share pengalaman aja….
    ane pengguna limo ex bb…
    beli yg gen pertama dr 2010sampai sekarang gak ada masalah….

    mesin lumayan bagus jgn bandingin sama mesin baru gan…
    kaki kaki sdh ganti…

    cuma menurut ane harganya itu loh,seharusnya lebih murah dikit….

    perhitunganya untuk upgrade ke vios g butuh dana lumayan….

    klo tuk pake tiap hari mesin sampe skrng gak ada masalah;irriiiiittt boss…..
    yg penting rajin service,,,,mobil baru sekalipun klo makenya jorok dan jarang service ya jebol gan….

    kendalanya cuma satu beli limo….
    blm punya uang yg banyak buat beli mobil baru….

    uang 60/70 jt mao baru….ngimpi kali ya….

    nambahin dikit dpt baru ,tp kepala ngebul,badan keringetan,turun dr mobil lemes akibat dehidrasi….
    jakarta gk pake ac…ngigo kali….

    dr pada beli mobil tua…sama sama harga segitu,,,km juga gak jauh bedanya,,,yg muda lebih ok….spare part bejibun,,,,,murmer lg…..

    kesimpulanya

    klo punya duit cekak gak usah ngimpi muluk muluk….yg ada aja manfaatin,ex taxi knp gak,,,

    pengalaman pribadi….

    • Sepemikiran gan, ane jg sama, pengguna ex taxi tahun 2007, BB, ringan-ringan aja, ane pake mudik Bandung-Jogja dan lain-lain.. Iriit BBM, iriit perawatan (drpd beli mobil jadul), gak pernah ada masalah, upgrade-upgrade seru-seru aja…
      Tp memang mungkin nama Toyota dan nama Perusahaan yg cukup menentukan…
      Kesimpulannya, ane sbg pemakai, bisa bilang gak pedulilah sama perhitungan kek gitu, ane beli segitu, ane pake, ane nyaman, that’s it…

    • wehh… setubuh nih.. ehh,,setuju nih klo pemahamannya gini,,
      jd ngga ragu nih mau beli vios ex-taxi..
      matur suwun mas bro atas share’y..

  9. sy stuju dgn sdr edo, pengalaman sy beli mobil eks blue bird, y:/ mercedes-benz c230 sport thn 2007 beli bulan april 2014 sharga 177.000.000 stelah di service general check-up di bengkel resmi mercy diinfokan bahwa mesin mobil mengalami gejala abnormal akibat slh pmakaian pengguna mobil tersebut yang telah berlangsung lama dan terus-menerus dlm istilahnya supir taksi telah teledor menggunakan mobil tersebut ato juga acuh tak acuh dlm menjalankan tugas sebagai supir secara baik dan mesti dilakukan sedikit perbaikan agar mesin bisa pulih kembali dan tdk mengalami gangguan di kmudian hari harus bayar sekitar rp.28.893.000 ya kapok deh dengan iklan blue bird yang menyatakan bahwa mobil dijamin kondisinya karena perawatannya yang teratur::::::::::

  10. buat agan2 skalian sy ingin share pengalaman sy bahwa jika ada mobil taxi sedang berhenti didepan rumah agan2 skalian tapi tidak membawa penumpang atau istilahnya ngetem atau diam lebih baik disuruh pergi aja supir taxi tersebut krena bisa jadi supir taxi sedang mengincar atau mengintai rumah atau ruko atau kantor agan2 skalian sbelumnya sy ganthoro rumah sy di cipulir pada waktu minggu lalu sy dan keluarga mudik ke cimahi mengunjungi orang tua sy yg merupakan kakek dan nenek dari anak2 sy pada waktu keluar dari rumah ada taxi blue bird berhenti didepan rumah sy tepatnya ditembok pagar rumah sy,sy tidak menaruh curigai terhadap supir taxi tersebut sekitar pukul 10.30 wib dan sy sudah titip pesan kepada tukang warung diseberang rumah sy agar melihat dan menjaga rumah sy dengan sy beri imbalan yg sepantasnya karena kalau pagi ibu atau bapak yang jaga warung seskalian melihat rumah sambil melayani pembeli jika malamnya anak yang kuliah sy minta tolong untuk melihat rumah sy lalu lanjut kepada share sy pada pukul 10.30 sy menutup pagar sambil sepintas sy melihat kepada supir taxi tersebut yg berada didalam taxi sambil main hp, sy tidak menaruh curiga terhadap tuh supir taxi mungkin sy pikir sambil nunggu penumpang maklum gan depan rumah sy jalan besar.lalu sy masuk kemobil dan mengemudi mobil sy lalu berangkat,rupanya tuh supir taxi blue bird ada niat jahat menurut pemilik warung kira2 10 menit sy pergi supir taxi turun dr taxi bersama 2 laki2 dan 1 wanita yg wanita pura2 membeli makanan diwarung yg diseberang rumah sy tersebut mengalihkan perhatian dr pemilik warung tp kebetulan istri yg punya warung curiga krena suaminya sedang digoda oleh wanita tersebut istri tukang warung marah2 suami digoda dan sambil melihat kerumah sy ternyata supir taxi blue bird beserta komplotannya sudah mau loncat ke rumah sy,lalu dia teriak maling kepada supir taxi blue bird maling tersebut, lalu 3 laki2 dan 1 wanita tersebut cepat2 masuk taxi sambil tancap gas.nomor polisi taxi blue bird tersebut B 1343 TTB lalu pemilik warung menelepon sy bahwa hampir saja rumah sy kemalingan oleh supir taxi maling tersebut dan sudah dilaporkan kepihak keamanan setempat.sy terima kasih sebesar-besarnya kepada pemilik warung tersebut sambil sy kasih uang ucapan terima kasih kepada mereka.saran sy jika ada mobil taxi berhenti lebih baik diusir saja tuh supir taxi tersebut karena menurut info yg beredar supir taxi mayoritas ex atau mantan narapidana terbukti dr persyaratan yg gampang cuma syaratnya punya sim a dan ngerti jalan dijakarta::::

  11. Tergantung, apakah kita beli mobil karena kebutuhan atau karena gengsi? Saya pakai limo dah lama, sampai saat ini ga rewel tuh, buat apa beli mahal jika ga manfaat, bener ga? maaf share aja ya

  12. orang yang beli limo bkn gak mampu beli vios G bos !! selera orang beda2 bos, ada yg senang modif rombak2 kan pilih limo termasuk gw

  13. sbnr ny klo mnurut ane tergantung ama kebutuhan dan keinginan.. klo misal ente pengen yg tinggal injek aja y ambil aja vios.. tpi klo yg pengen buat d modif ama d rombak yg bisa dibilang ekstrim ato bahkan buat kontes, ane saran ambil limo krn estimasi biaya modif bisa dibilang g mahal klo d banding pake vios.. emang juga buat apa sih airbag, orang juga g perna kepake… klo soal rekondisi, bisa make part racing klo doyan yg klo emang doyan banget pasang turbo, dengan harga sekitar se vios tpi mesin bisa jdi spec balap, belom lagi penambahan asesoris sprt bodykit, selisih yg g jauh ama vios tpi mobil tampilan g mainstream… itu mnurut ane.. mohon koreksi klo salah

  14. namanya beli mobil second yaa harus brani ama konsekuensi nya lah. mo murah ex-taxi bole tp konsekuensi nya juga harus mau di tanggung.tapi kalo diitung2 yaa emang jatoh nya jadi banyak pengeluaran juga kalo bekas taxi.

  15. gan,ada cara efektif ga cara mengusir supir taxi yang suka nongkrong didepan rumah?secara gw cwk dan supir taxi blue bird yang nongkrong tampannya kaya macan garong mirip kriminal semua sangar2 semua dulu satpam kompleks negur mereka malah mereka ajak ribut tuh satpam kompleks gw,lalu satpam kompleks panggil kostrad baru mereka pergi.tapi seminggu kemudian datang lagi yang lain tampannya lebih sangar lagi,satpam kompleks gw panggil kostrad lagi,begitu seterusnya…nama supir taksi bernama oswin dan herman….dasar supir taksi zaman sekarang pelaku kriminal semua….

  16. Maaf semua boleh kasih saran,,,,
    Menurut saya kalo mobil bekas udah diatas 4 tahun itu mesin ga ada yang bagus ,,,walau sering service,apalagi km udah banyak ,,,
    Yang dihitung itu jangan harga mahal atau gaknya ,,menurut teori saya kalo didalam mesin itu banyak gigi yang udah aus karena gesekan ,,, dan body pasti udah karat didalamnya ,, dan kabel2 kelistrikan pasti aus,,, cuma kasih saran aja gan, kalo beli vios bekas x taxi itu hanya orang bodoh dengan harga 75 juta ,,, Kalo orang tau mesin orang ga bakal mau,,, cuma pinter2an marketing aja ,, kalo kita beli barang pake SebulAn dandan mendingan beli baru,,, kalo anda pintar,,, n kalo pengen maju kita contoh singapore ,,beli mobil 5 tahun pake bistu jual,,, sistem orang cina aja gan,,,, tanks ya gan ??????

    • Nga usah nge judge orang lain bodoh gitu lah bos.. “kalau anda pintar” saja tidak bisa beli mobil, kalimatnya kurang itu.. “kalau anda pintar dan punya banyak uang..” nah baru tepat tuh.
      mereka yang beli limo ex taksi kan lebih kepada faktor kondisi dana/budget, ada duitnya cuma segitu ya udah mereka cari yang sesuai budget.
      Klo ada duit buat beli baru, pasti juga beli baru. Nyicil?bukan solusi..bunga kredit mobil gila..atau banyak keperluan yang lebih penting.
      Dan ane pikir mobil klo rusak juga nga seminggu atau sebulan sekali, coba dulu bikin survei kalau mobil limo ex taxi tuh setelah beli seberapa sering sih rusak dan berapa keluarin dana untuk perbaikan (bukan upgrade jadi vios ya).
      nah klo memang sudah ada bukti dari pemakai mobil ex taxi dan bukan hanya teori anda atau katanya, bahwa akan sering rusak atau keluarin dana gede buat perbaikan, nah mungkin anda bisa katakan kembali bahkan lebih ditekankan kalau mereka sangat bodoh..
      Saya bukan pemilik mobil ex taxi, namun saya hanya beropini janganlah ngejudge orang karena kemampuan keuangan mereka yang terbatas, kita nga pernah tau lho kalo tiba2 kita besok dapat musibah jatuh miskin dan kita butuh sekali mobil, namun uang kita pilihannya hanya cukup untuk beli mobil tua atau mobil limo ex taxi.. nah loh jadi “orang bodoh” deh 🙂

      • Klo menurt gw ya yang udah ahli banget ma mesin limo / vios. Gak usah deh beli limo.ex taxi. Secara umur udah 4 taon itu udah bangkotan deh klo bahasa puitisnya. Lagian tampang segitu maksain beli mobil. Kira kira lah… Mending beliin honda accord 2017. Worth. Pengalaman temen gw beli limo ex bb banyak masalah. Mulai dari odometer gak bisa wifi, pedal rem berasap, klason cempreng kagak bisa bass sama sekali.

    • Komentar bodoh dari orang yg pura² pintar, yg secara tidak langsung anda menghina semua orang pembeli (pengguna) mobil bekas sebagai orang bodoh, khususnya pengguna ex taksi. Mungkin anda memang kaya yg tiap 5 th ganti mobil, tapi tidak seharusnya menghina orang yg memiliki keterbatasan dana dengan kata “bodoh” karena membeli ex taksi. Seandainya tiap orang hanya menggunakan mobil selama 5 th, bisa dibayangkan berapa banyak bangkai mobil tiap tahunnya?

    • Belum tentu juga gan.. masih banyak koq mobil diatas 4th yg ternyata masih mumpuni dan bisa ngebut..
      Tergantung yg ngerawat dan pemakaiannya..
      Inget gan, ga semua orang diberkahi kemampuan finansial yg besar. Jadi ga semua orang bisa beli mobil baru, sementara kebutuhan akan mobil itu mendesak..
      Jadi mobil bekas adalah alternatif jalan keluar..

      Ada lagi pandangan orang kayak gini:
      beli mobil baru 100 jt cuman dapet mobil kecil 1000cc yg muat 4 orang.. mending beli yg laen.. meskipun bekas tapi dapet mesin yg lebih bertenaga + bisa muat 7 orang.
      Atau malah ada yg edan lagi, kluar duit segitu tapi bisa bawa BMW/Mercy seri lawas yg teknologinya jauh lebih canggih daripada mobil 100jtan yg baru skrg, dan ajaibnya masih mantab dipakai..

      Inget, dengan harga yg sama, ga selamanya mobil baru itu lebih baik dari mobil lawas..

      Blum lagi faktor hobi orang yg suka otak atik mobil, dan seninya/serunya berburu mobil bekas, itu kepuasan tersendiri bagi mereka..

      Untuk orang yg mau gampangnya, ga mau repot, mobil baru adalah jawabannya.. itupun dengan syarat orangnya mampu belinya..

  17. kembali kepada kebutuhan kita masing-masing. Apakah kebutuhan kita akan roda 4 sebatas sebagai fasilitas saja (kemana-mana tetep pake motor bebek,baru kalau ada kondangan bawa boil) atau sebagai pendukung mobilitas kita untuk mencari nafkah. Karena yang banyak terjadi saat ini adalah punya mobil yang harganya baik itu sesuai atau melebihi dengan budget yang kita punya, begitu ada kerusakan ataupun biaya pajak tahunan saja sudah pusing 7 keliling untuk biaya tambahan (apabila ada kebutuhan lain yang mendesak).

    Intinya, bagi sebagian orang mobil memang kebutuhan yang mendasar pada saat ini, akan tetapi kembali pada diri kita,siapkah kemampuan financial kita? Jika anda merasa siap, anda bebas memilih jenis atau type mobil sesuai pilihan anda. Karena jenis apapun,merk apapun, tahun berapapun mobil yang akan anda pilih tidak terlepas dari perawatan rutin dan penggantian sparepart yang baru serta biaya tambahan lainnya.

    Yang pasti bahwa setiap produsen otomotif tentunya selalu berusaha memproduksi unit dengan sebaik-baiknya terlepas dengan plus minus yang ada di dalamnya, hanya kita sebagai pemilik dan pemakai menggunakannya dengan bijaksana dan rasa memilikinya untuk selalu merawatnya dengan baik.

  18. Hati2 ada bbrp antek2 Showroom mobil dsini yg bakal kehilangan ccalon buyer gara2 beralih ke ex taxxi..hahahaha…propaganda nih yeee..

  19. itungan dari mana tuh ? acak-acakan. hahaha. kl mau ngitung berdasar km, ya cari dulu kehilangan investasinya berdasar per-km. jangan bandingkan juga yg lain typenya. lbh baik itung yg setype. contoh : vios (baru-seken, 150rb km) : 185jt-135jt = 50jt (hilang 50 jt) untuk 150.000km, maka = 50.000.000/150.000 = kehilangan investasi Rp. 333/km. tinggal dihitung bilamana 400.000km, = 400.000×333=133jt(kehilangan). maka bila vios menempuh 400rb km : 185.000.000-133.000.000= harganya 52jt. bila diasumsikan rata2 sehari aktif 10 jam dgn kec. rata2 60km/jam, maka dalam 1 hari menempuh 600km. kalau sdh menempuh 400.000km, maka 400.000/600 = 666hari/365= maka usia vios yg menempuh 400rb km kira2 : 1,8 tahun.

  20. engga bener itu rumus begitu,jarak tempuh bukan jadi patokan kondisi mesinnya,ada yg jarak tempuh sedikit tapi keluar masuk bengkel,inimah persepsi para penjual mobil second takut masyarakat beralih ke ex taxi,,coba dihitung beli harga 80jt pas masuk showroom mobkas harga bisa jadi 120jt..
    yaiyalah wong spedometer bisa di akalin jadi rendah tinggal di buka kabel spedometernya masukin ke mata bor,di puter dah tuh sekitar 30 menit dijamin lebih kecil,,,,,,

    • Rempong semua ya orang orang ini beli mobil sesuai kebutuhan aja, yang kaya silahkan beli mobil baru, yang kurang silahkan beli mobil bekas, mau bekas taksi mau bekas mobil lain… logikanya gini ini postingan blog gak membangun gak ngerti mobil malah berkomentar setera orang aja beli baru apa bekas yang penting sesuai kebutuhan. Mending bikin postingan blog yang membangun merubah mobil ex taksi jadi mobil vios, atau alternative membeli mobil kalo uang sedikit … ok … salam dari orang yang mau beli mobil …

  21. wah..ini forum buat orang pintar ya..dan orang kaya semua ..termasuk ahli propaganda juga..termasuk ahli semua …kita orang miskin yg jadi sasaran …tapi sy ambil hikmah..dari semua hasil ulasan orang orang pintar di atas ..cuma 1 pertanyaan yg ajukan ..dengan beberapa diskripsi …yg sy Ambil..disini ada Kata ..apakah anda anda sudah dan pernah membeli atau Memiliki atau termasuk Pemilik Vios Eks LIMO TAXI ….klu sudah Mungkin Anda Tidak seperti ini Bahasanya …ini menunjukkan Klu Anda Hanya Menghayal atau Meng Just …suatu Prodact ..saja ….

      • Cuma share,, temen ada yg pake limo gen 1 dia beli udah full upgrade dari pemilik sebelumnya minus speedo digital sama electrik miror,, dapet velg tambahan 4 biji yang dia jual lagi laku 2 ribu lumayankan?! dia pake udah sekitar 3 taun tiap taun dia pake mudik ke jawa tengah ,, tau sendiri arus mudik kaya gmn kan alhamdulillah lancar terus baru ganti water pump doang itu jg gara2 dia iseng nyoba bersihin radiator sendiri malah water pumpnya rusak yg penting kita teliti dulu kondisinya masih ok atau ngga

  22. Rumus ente ngawur bro… nih ane kasih tau. Jika harga baru (0 km) = 185jt. Harga bekas (150.000 km) = 135 jt. Maka per km mobil dihargai (185-135jt)/150.000km = 333 rupiah/km. Kalo mobil udah kepake 400.000 Km tinggal kalikan 333 rupiah/km = 51.800.000 rupiah. Gitu broo cara ngitungnya…

    • Tulisan ane sudah setahun lebih situ masih belum ngerti juga. Warrrr biasaaahhhhh..

      Yang lu tulis itu bener jika ngitung harga vios yang umurnya 400rb km. sedangkan rumus gw itu, buat ngitung harga buat si limo. Ya kagak nyambung!!!

      Pinter dikit lah mikirnya. Ga usah pake itungan tukang kibul jual mobil taksi..

    • Harga baru limo dulu sekitar 150juta.
      Penurunan per km mobil seharga rp333/km menurut situ ya. Kalau gw masukin harga bekasnya 135jt jatuhnya rp366/km. Baik ikutin aja itungan situ, sekarang pake 333/km

      Maka harga limo yang berumur 400.000km harusnya (X).

      (150jt-x)/400.000=333

      -X=(333×400.000)-150jt
      -X=-16.800.000
      X=16.800.000

      Harga si limo setelah 400rb km adalah 16.800.000

      Masih jauh di bawah harga jual pedege yang 65jtan.

      Dan kalau pake penurunan per km rp366/km

      (150jt-x)/400.000=366

      -X=(366×400.000)-150jt
      -X=146.400.000-150jt
      X= Rp3.600.000

      Dapetnya harga si limo cuma 3.6jt saja. Mau debat apa lagi?

      • Rame juga komen komennya….yg paling bener adalah yg punya duit silahkan beli mobil baru dan yang budgetnya pas pasan silahkan beli mobil bekas…semuanya pasti ada plus minusnya….sederhanakan…ga usah ribut…

  23. salam kenal>>> awal taun 2016 ,saya beli bahan limo 2007 rp 50jt udah include bbn plat hitam. PR nya, cat ulang, beresin kaki2. shock depan belakang. engine mounting . ganti bumper depan belakang, ganti lampu depan belakang, interior dll mesin overhoul total.mesin separo ke atas di ganti 70%parts AC, kopling dekrup ganti baru, aki baru injektor, throtle ganti baru semua, upgrade velg, audio, dll pokoknya rekondisi total sampe nyaman semua > habis total 18jt .. total dengan beli mobil 68jt. dan hasilnya..sampe sekarang ga ada keluhan apa apa. semua nya Normal lancar, paling ganti oli doank. memang kalo dibandingkan dengan beli yg udah jadi, (udah direstorasi ama pool taxi) ya murahan yg udah restorasi… paling banter 62jt an tinggal pake gapusing2.. eh tp disini seni nya ngebangun mobil.., beli dari bahan banget, kerok semua cat nya. hunting sparepart nya. sampe fitting parts2 tsb. blum bulak balik ke bengkel nya.. ada kepuasan tersendiri.. lebih mahal tapi saya yakin dengan hasilnya. untuk 5th kedepan ga bakalan ganti ganti sparepart slow moving lagi. .. saya rasa worthed banget lah kelas 70jt taun muda, sparepart nya juga murah2 koq vios. banyak kampakan singapur. separah2 nya mesin Rusak trus kudu ganti juga >mesin seguluntung cuma 6jt an. murah lah… bandingkan sama ngebangun mobil retro contoh corolla veteran 78. udah sparepart nya mahal2 dan langka. dibangun habis-habis -an bisa tembus 50-60jt dipake nya ga nyaman nyaman amat. 😛 buat yg penasaran limo nya kek gimana mampir aja di iklan saya… .. saya sih jual bukan karena butuh, cuma menyalurkan hobi aja. seneng ngebangun mobil/motor … heheheh

  24. Mohon maaf nih om mobil pribadi juga ga semua org baik perawatannya, sama dg limo tidak smua perusahaan taksi baik perawatannya. Intinya membeli harus dilihat apakah kondiisinya baik. Baiknya kalo membeli diantara orang yg mengerti mesin dan seluk beluk kendaraan. Kilometer tidak jd jaminan, kalo kilometer rendah perawatannya tdk bagus juga bisa jadi tuh mesin sdh pernah overhoul

  25. BELI LIMO EX TAKSI = MISKIN = BODOH
    YANG MISKIN JADI MAKIN MISKIN LU PADA KARENA BELI MOBIL SAMPAH
    MENDING NABUNG / KREDIT, KALO GAK PUNYA DUIT GAK USAH PADA SOK KAYA

  26. BELI LIMO EX TAKSI = MISKIN = TOLOL
    MOBIL SAMPAH KOK DIBELI, MAKIN TAMBAH MISKIN LU PADA…HARUS SERING MASUK BENGKEL
    MENDING NABUNG / KREDIT, KLO GAK PUNYA DUIT GAK USAH BERGAYA SOK KAYA…

  27. Bener tuh, jangan beli ex taxi. Tar nyesell..
    Nyesel kenapa gak dari dulu,
    nyesel kenapa palah buat kredit mobil baru yang bikin puyeng bulanan.
    Nyesel kenapa beli mobil tua yg seharga limo,reparasi se abrek tiap bulan ada aja jajannya. Ga berani luar kota.

    Ane make limo 2004 dr 2014 Waktu beli masuk bengkel upgrade total G & mesin habis. 10jt aan tapi sampe skrg cm rajin ganti oli aja ga pernah rewel..

  28. Dulu ane pernah ngambil Vios limo ex.pool mencong BSD, yang ane rasain sih awal-awal memang gk ada masalah.. setelah jalan 8 bulan (sudah mulai paham kekurangan dari mobil ane) banyak PR yang menanti, mulai dr plat koplingnya yg sudah mulai tipis, kaki kaki yang mulai bunyi, lalu pompa bensin yang mogok tiba-tiba, belum lagi upgrade krn limo modelnya sangat standar sekali, dan juga pelayanan dari pihak penjual yang seolah olah lepas tanggung jawab setelah mobil terjual. Yah setelah ane pelajari sih mungkin kalo agan punya duit lebih lebih baik beli mobil baru atau ex.pribadi lebih terjamin asalkan beli di dealer yang jujur.. Oh iya, kalau agan meminang ex taxi udah pasti 1 tahun pertama kudu keluar budget besar buat balik nama (BBN + PAJAK) Biayanya Fantastis dan sekaligus jadi bikin nyesek..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s