Intip Settingan Rangka Vixion Balap IP150


Hot topic nih pas balap IP150 kemarin di Sentul. Yang lain pake FU tim daytona malah pake vixion, yang sebagian orang menganggap bakalan kalah sebelum perang. Kenyataanya lumayan kok, malah banyak yang tadinya menganggap sebelah mata balik memujinya. Bukan soal menang atau kalau, dengan ikut balap aja, sudah lebih dari cukup untuk membuktikan vixion ini layak untuk balap.

Intip spek nya ahh.. Mulai dari depan.

Tampak bagian depan, stang masih pake model bar, belum yang jepit, bagian rem upgrade pake disk diameter besar, bagian fork hanya pakai forkbrace biar makin rigid. Itu yang kelihatan, soal komposisi setting shocknya ane ga tau, mungkin ada modif lagi dalamannya biar makin enak dibawa nikung.

Pada bagian mesin luar ga terlihat banyak keanehan dibanding mesin standarnya, jeroannya mungkin sudah di modif biar banter lawan FU.

Bagian tengah tampak step racing yang bisa di atur sesuai postur joki.

Bagian belakang, arm masih ori, hanya sebatas memajukan stelan rantai sampe mentok, biar sumbu roda makin pendek, tujuannya biar makin lincah di tikungan patah-patah. Dan tak tampak rem cakram di belakang, biar ringan kali ya. Hahahaha

Lainnya sebatas velg yang pake seukuran bebek, mungkin lebarnya ga lebih dari 1.85inch. Penggunaan ban juga sam dengan bebek rod res lain, pake FDR MP, belum pake type slick malah. Buat bebek racing ban slick sekarang sudah jadi keharusna jika cuaca mendukung.

Hasilnya? Ga lemot-lemot amat kok, ane ngukur time nya pake stopwatch, FU yang yang jadi juara masih di kisaran 1 menit bersih per lap nya. Sedangkan vixion ini hanya ketinggalan 1 detik saja. Ga terlalu jauh, dan masih sangat bisa dimaklumi dengan kelas yang baru launching tahun ini.

Jangan dulu bicara mesin, karena pasti akan sangat panjang bahasannya. Dan ane sendiri yakin, soal DOHC vs SOHC di balap ga akan terlalu kelihatan jadi kelemahan, tinggal kelihaian tuner mengolahnya. Oh iya gigi rasio juga kayanya masih standar, belum di utak atik, soalnya suara mesin pas pindah gigi masih terdengar RPM drop jauh.

Buat tim lain yang mau pake vixion di balap ip150 ga usah ragu, pada dasarnyan nih motor siap tarus dengan kontestan lain, asal jago memilih settingan yang pas dan berani riset tentunya.

Sekian semoga bermanfaat.

Advertisements

3 comments on “Intip Settingan Rangka Vixion Balap IP150

  1. iya sebenarnya ga kalah cuma sirkuit pasar senggol jadi kasihan ridernya buat belok harus rebah badan maklum motor sport yang rangkanya ringan tinggal turun dikit dah bisa cornering , lagian nih sirkuit kecil , kalo main sitkuit besar berani pegang vixion karena lebih stabil dan cepet belok pas tikungan kalo satria mah bisa jatuh orangnya btw, salut sohc 5 speed tapi durabilitynya kuat coy

  2. Ban + velgnya ternyata diganti kecil… Velg standar vixion lawas, ban juga sepertinya sama kaya underbone lain 90/80 17…

    Masalah DOHC atau SOHC kalo udah tune mah gak pengaruh. Lah itu GP Mono di Sentul Moriwaki mesinnya punya CRF juga masih SOHC, tapi jangan ditanya kaya apa larinya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s