[Tips] Konversi Stang Jepit menjadi Stang Bar di CBR 250R


Artikel dulu pernah ada yang memuat tentang cbr 250r yang di konversi menjadi stang touring atau stang bar. nah beberapa minggu lalu temen ane yang minat buat konversi stang tersebut. Jadilah ane ikut memikirkan cara untuk membuatnya. Setidaknya ada 2 cara yang bisa di tempuh. Yang pertama dengan mengebor langsung segitiga atas ori untuk membuat ulir tap dudukan raiser stang. Cara yang kedua dengan membuat semacam adaptor diatas segitiga atas sebagai tempat dudukan raiser nantinya. Dan karena pertimbangan ini-itu akhirnya diputuskan untuk membuaat adaptor saja.

 

Langsung bergegas untuk membuat model 3D di software dan melakukan pengukuran di segitga atas agar lekukannya pas dan pemasangannya mudah, tinggal plek plek aja. Dannn, beginilah kira-kira hasil renderannya. Untuk raiser tinggal pilih yang beredar di pasaran aja banyak pilihan, nanti gimana aplikasinya saja.

 

final render 2

Next setelah hitung biaya perkiraan dan kemudian deal,  lanjut nyari material, pake Dural seri 7, ringan dan kuat. Nunggu beberapa hari buat loading mesin akhirnya jadi juga.

segitiga jadi

Ga pake lama langsung ane lapor ke yang bersangkutan. Pilah pilih raiser, kalau dipaksakan pake raiser lurus, sepertinya bakal mentok fairing, akal-akalanya sementara pake raiser mundur biar aman dulu, nextnya kalau mau di lepas fairingnya pake raiser lurus maupun raiser stang fatbar ya bisa juga.

 

jadi segitiga dengan raiser

Adaptor dah jadi, raiser juga dah dapet, tinggal dicobain pasang deh, kebetulan ada cbr 250 di rumah jadi kelinci aja dulu bro..hehehe

Berikut urutan pemasangannya.

Pertama, kendorkan dan lepaskan baut pengikat stang jepit, pake kunci L6.

Pertama, kendorkan dan lepaskan baut pengikat stang jepit, pake kunci L6.

 

ke dua, buka lock ring pada bagian as sok. pake tangan aja bisa, ga perlu pake alat obeng dan sebangsanya

ke dua, buka lock ring pada bagian as sok. pake tangan aja bisa, ga perlu pake alat obeng dan sebangsanya

ke empat, leparkan pengikat slang rem yang ada di segitiga bawah, pake kunci pas/ring 8mm

ke tiga, leparkan pengikat slang rem yang ada di segitiga bawah, pake kunci pas/ring 8mm

pasang segitiga 8

ke empat, tarik ke atas stang jepit, keluarkan dari as sokbreker

ke empat, tarik ke atas stang jepit, keluarkan dari as sokbreker

 

ke lima, pasang adaptor segitiga atas. tinggal plek-plek aja ga pake gedor atau kikit mengikir lagi

ke lima, pasang adaptor segitiga atas. tinggal plek-plek aja ga pake gedor atau kikit mengikir lagi

pasang segitiga 4

ke enam, kencangkan baut pengikat adaptor dengan kunci L6

ke enam, kencangkan dua baut pengikat adaptor dengan kunci L6

 

Selanjutnya ane kirim deh barangnya dan langkah yang mungkin perlu dilakukan antara lain: pasang stang, ganti slang rem depan (yang lebih panjang dikit), ganti kabel kopling yang lebih panjang, lepas windshield(atau malah lepas fering sekalian), ganti kabel gas(mungkin) dan urus perkabelan dan soket.

Well, segitu dulu nanti di update jika project sudah selesai di tangan temen ane. gudlak ya om bro. hehehe

 

 

Sekian semoga bermanfaat.

Advertisements

28 comments on “[Tips] Konversi Stang Jepit menjadi Stang Bar di CBR 250R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s