Image

Explode view coil joyetech ego aio

Advertisements
Image

Ganti Ball-Joint SiKijang

Hari minggu kemarin [5januari2014] ane servis kaki-kaki si kijang, karena suara berisik di kaki depan mulai lebay. Setelah cek sama montir kaki-kaki, biangnya ternyata bushing arm atas. Sevelumnya nya pernah ganti tapi yang kanan, sekarang yang minta ganti yang sebelah kiri [artikel ganti bushing arm sikijang pernah di tulis jadi ga di bahas ulang]. Nah, pas di bongkar, ketahuan lagi, ternyata ball jointnya juga kena, wew ahh. Ganti sebelah aja katanya bisa, yang rusak doang. Nyari deh ane di toko ornderdil, lumayan juga harganya 170rb, KW lagi, yang ori katanya 270rb. waduhhh.. Beli yang KW aja deh, nanti juga bentar lagi ganti lagi, maklum nih jalan di kampung ane lagi alay, sudah hampir setahun belum bener, subahanallah deh.. Biar sekalian bongkar ane beli juga deh bushing plastik yang buat setir, soalnya sering rusak, kalau sering lewat jalan jelek.

Ane beli di kampung harganya 165rb, setelah cek tangomotor.com yang ori aja hanya 130rebu.. weww ahh tapi ya mau gimana lagi, butuh!

Ane beli di kampung harganya 165rb, setelah cek tangomotor.com yang ori aja hanya 130rebu.. weww ahh tapi ya mau gimana lagi, butuh!

merknya 555, istilahnya ini barang KW, wkwkwkw

merknya 555, istilahnya ini barang KW, wkwkwkw

eksekusi lah..

eksekusi lah..

sekalian ganti bushing ginian, berhubung jalan di kampung ane kebanyakan offroad jadi ya ganti aja lah sekalian bongkar kaki-kaki toh murah harganya.

sekalian ganti bushing ginian, berhubung jalan di kampung ane kebanyakan offroad jadi ya ganti aja lah sekalian bongkar kaki-kaki toh murah harganya.

Setelah servis kaki yang ongkos kerjanya 60rebu, lumayan ga ada suara berisik klotok-klotok lagi, nikungnya juga jadi mantap lagi, cuman eh kok chamber kirinya nya jadi kurang pas, apa karena ganti balljoint KW ya hahahaha, Paling nanti setting chamber lagi deh biar sekalian di spooring, maklum sudah lama sekali belum mampir bengkel spooring, karena harus gass 100km menuju bengkel terdekat. Baru beberapa bulan ini ada bengkel spooring yang hanya berjarak 20km aja. wkwkwkwk

Sekian, semoga bermanfaat..

Image

Cek Scratch setelah pasang ForkBrace

beraawal dari sini, ternyata ada pertanyaan yang terpikiran sebeklumnya hahaha

berawal dari sini, ternyata ada pertanyaan yang terpikirkan sebelumnya 😀

Ternyata setelah ane share foto forkbrace bikinan ane di pesbuk ada temen ane yang tanya mengenai ada ga nya goresan setelah pasang forkbrace. Ga kaget sih, karena ane juga mikir hal itu sebelumnya. Jika proses pembuatan yang kurang rapih memang akan mengakibatkan hal-hal kecil seperti adanya goresan, susah di pasang dll. Sebisa mungkin hal ini bisa di minimalisir dengan analisis kegagalan. Mungkin sebagian dari agan-agan yang mampir kemari pernah denger ada yang namanya FMEA, dalam metoda tersebut di pelajari menngenai kemungkinan kegagalan sebelum kegagalan tersebut terjadi. Simplenya jadi peramal lah mungkin, cuman secara sistematis.

Dalam hal forkbrace, scracth akibat pemasangan bisa terjadi jika:

1. dimensi kurang pas, sehingga dalam pemasangan ada unsur pemaksaan yang akhirnya ada kekerasan pada permukaan yang bergesekan, jadilah scratch.

2. kekasaran permukaan hasil machining kurang diperhatikan, dimana kekasaran ini dalam bentuk range kerja. Jika hasil machinig kasar, walapun dimensi ok, akan di hasilkan scracth pada pasangan benda yang dibuat, dalam hal ini adalah bottom shocbreker.

upaya agar kedua hal tersebut bisa di minimalisir dengan cara:

1. menambahkan toleransi khusus pada dimensi yang di anggap krusial

2. menambahkan kekasaran permukaan minimal pada proses machining yang di pakai. misal machinig yang di pakai adalah milling, secara umum toleransi kekasaran permukaan hasil milling berada di kisaranN6- N8 atau gunung 2-3 atau Rz10-25, agar tercipta bidang kontak yang tidak saling melukai, ane pake toleranse khusus yaitu pake N6 atau gunung 3 atau Rz 10. Dengan ini di harapkan hasil bidang kontak yang tidak melukai pasangannya.. #halahhh

3. QC check tentunya, kalau ga masuk ukuran dan toleransi, ya NG, jangan di pake. hahahaha

Teorinya sih begitu, tapi ga asik kalau hanya teori kan? mari di cek hasil pemasangan forkbrace di cbr ane selama seminggu. biar gambar yang bicara. cekidot…

Kondisi setelah forkbrace di copot.

IMG-20140102-02147 IMG-20140102-02148 IMG-20140102-02149 IMG-20140102-02150

Ane ambil tisue dan pasta poles.

IMG-20140102-02161

berikut hasil setelah di poles.

IMG-20140102-02162 IMG-20140102-02163 IMG-20140102-02164 IMG-20140102-02165 IMG-20140102-02166 IMG-20140102-02167 IMG-20140102-02168 IMG-20140102-02169 IMG-20140102-02170

gimana? ada scratch kah? agan sendiri yang menyimpulkan.. hehehehe

sekian semoga bermanfaat.

Image

[DIY] Yang caliper rem depannya sudah ga enak, dioprek yukk gan..

Namanya motor dipake, makin lama pasti makin ada aja hal yang bikin ga nyaman, salah satunya rem depan, mulai dari bunyi, sert, macet, blong dll. Daripada ga ada kerjaan mendinf melantai yuk gan, kebetulan caliper rem depan si Karisma sudah seret, mbagel, dan kadang seret. Mari di cek step by stepnya dengan gambar berikut. Cekidot….

salah satu masalahnya ini nih, karet boot caliper dah robek-robek. jadi aja bikin seret.

salah satu masalahnya ini nih, karet boot caliper dah robek-robek. jadi aja bikin seret.

langkah 1

kendurkan baut pengikat caliper depan

langkah 2 bukan baut pelindung pin kampas

buka baut pelindung pin kampas

buka pin kampas dengan kunci L

kendurkan pin kampas dengan kunci L

diy repair kaliper rem karismahideung blog (5)

buka caliper dari dudukannya

buka caliper dari dudukannya

buka mur dudukan kampas rem

buka mur dudukan kampas rem

buka pin kampas rem

buka pin kampas rem

copot kampas rem dari dudukannya, preteli boot lama, dan bersihkan caliper.

copot kampas rem dari dudukannya, preteli boot lama, dan bersihkan caliper.

diy repair kaliper rem karismahideung blog (11) diy repair kaliper rem karismahideung blog (12)

karet boot pengganti

karet boot pengganti

pasang boot pengganti ke dudukannya

pasang boot pengganti ke dudukannya

diy repair kaliper rem karismahideung blog (15)

beri grease secukupnya kedalam boot

beri grease secukupnya kedalam boot

diy repair kaliper rem karismahideung blog (17) diy repair kaliper rem karismahideung blog (18)

beri gbrease secukupnya pada pin slider caliper

beri gbrease secukupnya pada pin slider caliper

pasang slider caliper

pasang slider caliper

pasang kampas rem

pasang kampas rem

masukkan pin pengunci kampas rem, tambah grease secukupnya

masukkan pin pengunci kampas rem, tambah grease secukupnya

diy repair kaliper rem karismahideung blog (23)

beress

caliper beress

Lanjut….. kuras cairan rem. sekalian kotor lah ya. hahaha

kuras oli rem lama ganti dengan yang baru

kuras oli rem lama ganti dengan yang baru

diy repair kaliper rem karismahideung blog (29)

 

kurang lebih butuh 2 jam untuk ngerjainnya gan, bentar sih, tapi hasilnya boleh di coba, rem si karisma jadi pakem lagi. hehehehe

 

 

sekian selamat mencoba..