Tak Perlu Risau, Ketika Tabung Radiator Bocor (Honda CBR MC41)


Seiring bertambahnya umur motor, makin banyak juga kendala yang akan di hadapi, kesampingkan dulu masalah langka dan mahalnya sparepart, itu mah dari dulu juga iya.

Berawal ketika lihat lantai dibawah motor ada seperti tetesan air, sehari di bersihkan besoknya kok netes lagi, berarti bukan bekas air cucian nih. Benar saja, pas lihat kolong mesin ternyata ada yang netes di area dekat tabung reservoir radiator. Cek lah..

Sempat bingung juga ini bukanya gimana ya.. secara sempit areanya, sempat terpikir mungkin harus buka arm belakang, tapi apa iya seribet itu hanya untuk membuka tabung. Kalau baut pengikatnya sih mudah dijangkau, pakai kunci T atau sok panjang 10mm juga bisa kebuka.

Setelah baut pengikat kebuka ternyata si tabung ga bisa keluar begitu saja, karena posisinya nyempil persis di bawah as arm dan di atas link suspensi, kejepit lah pokoknya.

Mau ga mau harus buka link suspensi dulu.

Setelah link tersebut terlepas, nah ada space nih tapi masih kurang juga, tabungnya masih mentok shock belakang gan..

Tak kurang akal, coba lah arm belakang di naikkan.

Nah mulai ada pencerahan nih.. kodok eh rogoh sana sini, tarik dikit.

Akhirnya lepas juga….

Setelah tabung dicuci terlihat deh, Dan ternyata ini biang kerok bocornya.

Jadi tabung ini kalau dari bahannya tercetak HD-PE proses pembuatannya pake semacam blow moulding, area yang bocor semacam ada mikro crack akibat proses pembuatan tabung yang kurang sempurna.

Kasusnya mungkin ga akan sama, kebetulan motor ane ya begitu keadaannya.

Tak mau menunggu lama dan terjebak permainan tengkulak sparepart, kita cari jalan keluar tercepat saja. Ganti tabung pake botol susu bayi!! Haha

Yang pake ninja 2tak hal ini bukan hal yang baru, sering banget liat di jalan yang pake tabung kecil gitu dan masih fungsi juga.

Lanjut nyari botolnya.

Setelah dapat, tinggal bolongin seukuran selang, kemudian fitting posisi.

Dirasa sudah kuat tinggal dipasang selangnya. Saya pake selang bawaan yang untuk pernapasan dari tabung radiator ori nya, jadi ga beli selang baru. Oh iya, untuk tabungnya baiknya dibuatkan jalur untuk pernapasan atau overflow, barangkali airnya penuh kan bisa kebuang, dan ketika air masuk dari buangan radiator tidak ada udara terjebak di dalam tabung.

Setelah beres tinggal isi air radiator secukupnya. Dan pasang lagi part-part yang sebelummya di lepas.

Tabungnya di simpan dulu sampai ketemu trik nambal kebocoran yang yahud.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Leave a comment