Substitusi Repair-kit Master Rem Belakang CBR 250R MC41

Rem merupakan perangkat vital dalam sistem deselerasi kendaraan. Kondisi dituntun selalu prima dalam kondisi apapun. Dikarenakan umur, biasanya perangkat ini akan mengalami penurunan performa. Yang ane alamin kemarin yang terserang bagian master rem belakang. Kerasanya rem ngeploss, ga ngerem, kaya piston ga balik.

Selusi mudahnya bisa dengan mengganti unit master rem belakang assy atau dengan mengganti repair-kit piston master rem nya saja. Keduanya bisa ditempuh dengan mempertimbangkan kondisi silinder masternya. Kalau kondisi silindernya masih ok, bisa ganti repair-kit piston setnya saja, tapi jika silindernya sudah baret maka mau tak mau harus ganti master rem assy.

 

master-rem-cbr-250r-4

Kondisi Silinder Master Rem

Setelah dibongkar dan dilihat kondisi master rem masih lumayan layak, tidak ada goresan atau guratan yang terlalu dalam. Maka dicari lah repairkit masternya. Cari punya cbr? Bisa sih mungkin, tapi makan waktu, taulah ya. Mending cari persamaanya. Master belakang cbr 250 menggunakan nissin dengan piston diameter 14mm. Hunting ternnayata sama dengan punya yamaha vixion, mx king sebangsanya.

 

master-rem-cbr-250r

Repairkitnya ane beli 20 rebu saja. Ori atau ga nya kurang tau, saya beli bungkusnya Yamaha seperti tertera poto di atas.

 

master-rem-cbr-250r-13

master-rem-cbr-250r-11

Ukurannya identik, piston yang macet seperti pada poto diatas. Sebenernya mungki kalau di amplas 1000 masih bisa dipake, tapi ya sudah lah dari pada repot bongkar pasang mending ganti saja.

Perbanding seal dan per:

 

master-rem-cbr-250r-6

Urutan masangnya:

master-rem-cbr-250r-8

 

Kemudian pasang kembali piston, seal dan per repairkit yamaha ke master cbr. Pas.

master-rem-cbr-250r-14

next tinggal kuras minyak rem dan buang anginnya saja, rem belakang pun jadi pakem lagi.

 

 

Sekian semoga bermanfaat.

[DIY] PASANG SPION DAIHATSU AYLA di KIJANG SUPER

Spion ori kijang sebetulnya tidak ada masalah dan masih berfungsi dengan baik. Tapi karena tampilan spion yang sudah kurang enak dilihat maka hunting lah spion pengganti. Dari spion sedan maupun spion MPV sekelas, dari yang masangnya ribet sampe yang tinggal pasang jadi bahan pilihan.

diy spion ayla to kijang super (32)

Last akhir beli spion Daihatsu Ayla Manual tentu dengan alasan bentuknya yang Curvy dengan nyaris tanpa ubahan pada pemasangannya. Langsung saja ke tahapan masangnya.

 

1.Buka spion ori

diy spion ayla to kijang super (33)

 

bandingkan dengan spion ayla

diy spion ayla to kijang super

diy spion ayla to kijang super (1)

diy spion ayla to kijang super (36)

 

2. Bongkar kaki spion ori

diy spion ayla to kijang super (3)

diy spion ayla to kijang super (4)

buka bautnya pake kunci T 6 kalau ada kalau ga punya pake kunci inggris saja pelan pelan.

3. Bongkar kaki spion ayla

diy spion ayla to kijang super (6)

Alatnya menggunakan Kunci T 10.

diy spion ayla to kijang super (7)

4. Pasang spion Ayla di Dudukan Spion Kijang Super

diy spion ayla to kijang super (9)

diy spion ayla to kijang super (10)

Cukup pasang M6 nya saja, ringny ga usah di pasang karena keterbatasan space.

diy spion ayla to kijang super (11)

diy spion ayla to kijang super (13)

5.  Final result

diy spion ayla to kijang super (16)

diy spion ayla to kijang super (18)
diy spion ayla to kijang super (17)

Level : Mudah

Alat yang digunakan : Standar ga perlu special tool

Harga spion Ayla: 250rb/set fob di tempat saya.

Hasil: Pandangan kebelakang sedikit lebih lebar dari spion ori tapi lebih sedikit lebih pendek. Tampilan jauh lebih baik baik dibanding ori.

 

 

Sekian, semoga bermanfaat.

[CBR 150R] Konstruksi Step Underbone Tanpa Coak Undercowl

Ada diantaranya pengguna cbr 150 baik yang lama maupun yang tipe baru merasakan sayangnya mencoak undercowl body standar ketika pasang step underbone. Secara konstruksi memang posisi link persneling di cbr 150 berada cukup ngumpet di balik undercowl. Bisa di cek sendiri link persneling asli nya memang ga lurus, tapi berliku. Masalah terjadi ketika variasi step underbone rata rata hanya membuat bentuk link persneling yang lurus saja, tanpa tekukan. Dan hal inilah membuatnya harus memodifikasi lagi bagian cantolan link persneling atau dengan mecoak body agar bisa berfungsi dengan baik. Eitss itu dulu…..

Ternyata sudah ada loh produk step underbone khusus untuk cbr 150 yang konstruksinya sudah disesuaikan untuk mengatasi masalah khas cbr 150 seperti yang disebutkan di atas. berikut poto aslinya.

image

kurang jelas, saya bantu zoom biar jelas dikit.

image

Terlihat jelas, link persnelingnya tidak satu batang panjang menuju cantolan persneling ke mesin. Tapi pendek saja menuju idle arm. Nah dari idle arm ini nantinya ada link lagi yang menuju ke cantolan persneling di mesin. Posisinya tidak sesumbu, tapi offset agak ke dalam, masuk di antara rangka sampai tiba di cantolan mesin. Simple tapi tepat sasaran.

Opsi lainnya [KHUSUS untuk CBR150 K45 ATAU CBR LOKAL] buat yang ga mau ribet, bikin posisi seperti step underbone murah meriah bisa coba pake raiser step. Tinggal pasang plug n play, lampu rem masih nyala karena switch rem belakang ga diutak atik, pasang ga lebih dari 15menit, posisi berkendara seketika jadi makin racy dan siap diajak cornering.. hehehe

image

image

image

Sekian semoga bermanfaat.

Gir Belakang CBR 250R Goyang? Ganjal Aja Buat Sementahun

Halo agan-agan, kembali dengan artikel di awal tahun 2016 nih. Yang ringan-ringan aja biar ga pusing bikin artikelnya, hehehe.
Masalah gir goyang biasayanya terjadi pada sistem gir sproket ang menggunakan napgir maupun bosh gir. Nah kali ini ane mau bagi cara ngobatin gir goyang buat yang pake nap-gir, karena kebetulan pasiennya CBR 250R pake model ini. Sebenernya kalau model bebek sih tinggal ganti aja karet nap gir nya, murah dan mudah didapat. Masalah terjadi jika pada motor yang lumayan ribet soal spare part, sudah mah lumayan harganya, dapetinnya juga harus usaha lebih. Ini solusi buat yang mau hemat aja, toh tujuannya sama, mengobati gir goyang. Tak ada efek negatifnya kok.

Deteksi awalnya seperti ini:

image

Penyebab:

image

Kondisi motor yang sudah berumur, kena hentakan pindah gigi beribu kali, karet nap-gir ini lama-lama menipis. Solusi sementahun, ganjal aja karet gir nya.

Pembuatan ganjal, baiknya pake bahan yang soft tapi lebih rigid dari karet, seperti kertas paking, tembaga, atau alumunium. kebetulan saya pake kertas paking tebal 1mm.

image

Lebar kurang lebih 2cm.

image

Panjangnya sesuaikan aja dengan dimensi karet.

image

image

Next, setelah bahan pengganjal jadi,

image

Lipat bagian pengganjal tepat di tengah.

Kemudian, pasang pengganjal diantara karet gir dan dudukannya.

image

image

image

Selanjutnya pasang kembali nap gir, masuk diantara karet yang sudah di ganjal. Kemudian Coba gerak-gerakin gir, kalau sudah diam, berarti ok. kalau masih ada oblak, berarti pengganjal kurang tebal. Bikin lagi pengganjal yang lebih tebal dengan mengikuti step di atas.

Sekian, semoga bermanfaat.